oleh

SKIPM Bagikan 1.286 Paket Ikan Olahan

-Metro-259 views

SORONG-Dalam kegiatan Bulan Mutu Karantina tahun 2020, Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Hasil Perikanan (SKIPM) Sorong membagikan 1.286 paket ikan hasil olahan yang menyasar para nelayan, masyarakat hingga para tenaga medis yang melakukan penanganan Covid-19. Pembagian ini berlangsung mulai dari tanggal 12 hingga 21 Mei 2020.

Kegiatan Bulan Mutu Karantina tahun 2020 juga dihadiri oleh Anggota DPD RI Sanusi Rahaningmas, S.Sos., MM.Sip sekaligus memberikan apresiasi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (SKIPM Sorong) dalam memberikan bantuan terhadap masyarakat.

“Tadi, kita sudah lihat ada penyerahan secara simbolis yang diberikan kepada salah satu RT di wilayah Rufei Pantai Kota Sorong. Alhamdullilah, kegiatan ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan,”jelasnya kepada Radar Sorong, Selasa (12/5).

Kepala SKIPM Sorong Noch M. Jefta Telew, S.Pi mengatakan, Bulan Mutu Karantina mengangkat tema Ikan Sehat Bermutu Untuk Menanggulanggi Covid-19. Kegiatan ini menjadi salah satu aksi BKIPM untuk turut berperan aktif melawan pandemi melalui penyediaan protein ikan kepada masyarakat dengan menyerap produk hasil perikanan dan menyalurkan kepada masyarakat terdampak. 

“Kegiatan ini dapat membantu para pelaku usaha yang kesulitan memasarkan produknya saat pandemi dan membantu masyarakat terdampak dalam memenuhi protein ikan terutama para pekerja nonformal,”ungkapnya.

 Selain itu melalui Bulan Mutu Karantina, masyarakat dan pihak terkait diharapkan dapat berperan aktif dan memahami akan arti pentingnya menjaga kesehatan ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan serta kelestarian atau keberlanjutan sumberdaya ikan.

“Ini kami ambil dari usaha perikanan dan kembalikan kepada mereka yang sebagian besar dari masyarakat perikanan namun tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat umum dan tim medis juga mendapat bantuan ini,”ungkapnya.

Ini merupakan pembelajaran bahwa salah satu cara untuk mendapatkan protein ialah dari ikan. Sehingga, kemungkinan kedepannya akan ada bantuan dari instansi terkait namun juga mengikutsertakan produk ikan. “Ikan ini sumber protein dalam rangka mendapatkan ketahanan tubuh untuk menanggulangi Covid-19,”tuturnya.

1.286 paket ikan hasil olahan  terdiri dari ikan lema segar beku 1.300 Kg dari nelayan, udang beku 130 Kg dari Unit Pengolahan Ikan lokal kemudian 2.558 kaleng ikan Sarden 425 gram dari pedagang di Sorong dan abon tuna sebanyak 636 bungkus dari UMKM Lokal Sorong. Pembagian tersebut terbagi atas empat tahap diantaranya, tahap pertama 12 Mei 2020,  di RSUD Sele Be Solu sebanyak 156 paket terdiri dari ikan kembung segar beku 312 Kg, udang beku sebanyak 32 Kg dan ikan sarden kaleng sebanyak 156 buah.

Kemudian, Masyarakat nelayan di Kelurahan Rufei Pantai sebanyak 200 paket yang terdiri dari ikan kaleng sebanyak 600 buah, abon tuna sebanyak 200 bungkus. Tahap kedua, pada 14 Mei 2020 di RSUD Kabupaten Sorong sebanyak 100 paket yang terdiri dari ikan kembung segar beku 200 Kg, udang beku sebanyak 20 Kg dan ikan sarden kaleng sebanyak 100 buah dan Panti Asuhan Sinar Kasih sebanyak 44 paket yang terdiri dari ikan kembung segar beku 88 Kg ,udang beku sebanyak 8.8 Kg dan ikan sarden kaleng sebanyak 44 buah.

Tahap ketiga, pada 18 Mei 2020, yakni Rumah Sakit AL Sorong sebanyak 100 paket yang terdiri dari ikan kembung segar beku 200 Kg ,udang beku sebanyak 20 Kg dan ikan sarden kaleng sebanyak 100 buah dan Panti asuhan orang asli Papua Kokoda sebanyak 250 paket yang terdiri dari ikan kembung segar beku 500 Kg ,udang beku sebanyak 50 Kg dan ikan sarden kaleng sebanyak 250 buah

Kemudian, masyarakat pekerja informal terdampak covid-19 di  Kota dan Kabupaten Sorong sebanyak 286 paket yang terdiri dari ikan kaleng sebanyak 858 buah, abon 286 bungkus. Dan tahap keempat, pada 21 Mei 2020 untuk masyarakat nelayan dan pekerja informal  terdampak covid-19 di Kabupaten Manokwari sebanyak 150  paket yang terdiri dari ikan kaleng sebanyak 450 buah, abon 150 bungkus.

Selain paket bantuan ikan segar dan olahan produk perikanan, juga dibagikan hand sanitizer, masker, stiker ikan sehat dan bermutu, serta goodie bag. Dan, pembagian ikan sehat bermutu berlanjut tanggal 14 hingga 21 Mei 2020 dilaksanakan oleh pihak ketiga CV. Cipta Prakarsa Papua yang bekerja sama dengan event organizer Yayasan Sahabat Muda Adi Yasa. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed