oleh

Siswa Baru MAN IC Jalani Matsama Daring

-Metro-126 views

AIMAS– Sebanyak 96 peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Sorong tahun 2020/2021 mengikuti kegiatan penyambutan peserta didik baru atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah Aliyah (Matsama) yang dilakukan secara daring di Gedung Aula MAN IC, SP 4 Kelurahan Makbalim, Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong, Senin (13/7).

Kepala MAN IC Sorong, Ismail Z. Betawi,S.Pd menyampaikan, di era new normal akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), masyarakat dituntut untuk lebih maju, dimana penggunaan aplikasi secara online untuk menghubungkan masing-masing orang dari tempat yang berbeda harus dilakukan.

“Karena kita ini sudah masuk dalam kebudayaan baru,” ucapnya. 

MAN IC sendiri diungkapkan Ismail, telah siap untuk masuk dalam era baru tersebut. Dimana, sistem belajar telah dilakukan melalui E-learning dengan menggunakan 3 aplikasi terhubung. Sistem pembelajaran MAN IC tidak hanya sebatas materi, karena terbagi menjadi 40 dan 60 persen. 

“40 persen penjelasan materi, 60 persen pemberian tugas terstruktur maupun non struktur,” terangnya. 

Proses belajar mengajar juga telah berlangsung, meski diakuinya pandemi kali ini menjauhkan siswa dan guru. Untuk itu, saat ini peran orang tua sangat penting, agar bisa mendampingi dan mengawasi para murid dari rumah. 

“Peran orang tua sangat penting untuk mendampingi anak-anak secara langsung, karena kami guru hanya dapat memantau secara virtual, salah satunya kegiatan ibadah para siswa yang dipantau melalui aplikasi,” ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Matsama MAN IC Sorong Tahun Ajaran 2020/2021, Lukman Santoso,M.P.Fis menyampaikan, pelaksanaan Matsama di tahun keempat ini, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan kondisi Covid-19. Meski demikian, MAN IC yang memiliki siswa dari berbagai daerah di Indonesia, telah terbiasa dengan sistem daring, dimana pendaftaran dilakukan secara online. 

“Proses penerimaan sudah dilakukan sejak Januari 2020, baik dari sosialisasi hingga proses seleksi, pendaftaran dan tesnya dilakukan secara online,” ucapnya. 

Dari total peserta yang mendaftar yakni, 250 orang hanya 96 peserta yang berhasil diterima di MAN IC Sorong. Para peserta tersebut tersebar di beberapa daerah, Papua, Papua Barat, Maluku dan NTT.

“Pesertanya ada yang dari Papua yakni, Biak 16 orang, Timika 1 orang, untuk Papua Barat ada dari Fakfak 17 orang, Manokwari 17, Kota Sorong 4 orang dan Kabupaten Sorong 39, dari Maluku yakni Ternate 1 orang dan NTT 1 orang,” ungkapnya. 

Ia menuturkan, Matsama akan dilakukan selama 3 hari dari 13-15 Juli 2020 dengan jumlah materi yang diberikan sebanyak 19 materi dan akan disampaikan oleh 11 pemateri. Salah satu pematerinya yakni Guru Besar Bidang Pengembangan Kurikulum pada Universitas Pendidikan di Bandung, Prof. Dr. Dinn Wahyudin M.A. 

“Matsama ini, dilakukan untuk memperkenalkan budaya yang ada di MAN IC Sorong, baik pembelajaran, asrama ataupun hal-hal lain yang perlu diketahui para siswa,” tandasnya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed