oleh

Sinergi, Polair dan Posal Jaga Laut Berbasis Siskamling

KAIMANA – Polisi Perairan (Polair) dan Pos Angkatan Laut (Posal) Kaimana, bersinergi untuk menjaga Laut Kaimana. Komitmen menjaga laut oleh dua institusi ini, merupakan terobosan sistem pengawasan yang telah dijalankan oleh Kawasan Konservasi Perairan (KKP) salah satunya di KKP Kaimana.
Menjaga laut dengan sistem mengadopsi sitem keamanan lingkungkan (Siskamling), yang digegas oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai sarana dalam memenuhi kebutuhan rasa aman di lingkungan, dengan melakukan upaya-upaya preventif guna mencegah dan mengatasi secara terbatas timbulnya gangguan terhadap KKP Kaimana.
“Jadi terobosan jaga laut ini, sangat membantu khususnya Sat Polair Polres Kaimana. Dengan adanya program jaga laut, kami sangat merasa terbantu,” jelas Kapolres Kaimana AKBP. Iwan P Manurung, SIK, melalui Kasat Polair Kaimana IPTU Zainudin Rumagoran, kepada wartawan usai megikuit dialog interaktif di RRI Kaimana, Jumat (20/11).
Dikatakan Kasat Polair, soal tugas dan peran Polair Polres Kaimana dalam penegakan hukum tindak pidana perikanan atau di wilayah laut, sudah menjadi tugas pokok satuan Polisi Perairan, sebagaimana telah tertuang dalam Peraturan Kapolri Nomor 53 Tahun 2010.
“Tugas pokok Polair ini, yang pertama yaitu melakukan patroli di perairan, penegakan hukum diperairan, kemudian bimas perairan atau pesisir, dan SAR. Sehingga kaitannya dengan tupoksi kami ini, memang sangat erat hubungannya dengan jaga laut, kemudian jaga laut ini selain mengembang fungsi dengan Bimas Perairan, juga mengembang fungsi sebagai intelinjen di perairan,” tegasnya.
Komandan Pos Angkatan Laut (Danpolsal) Kaimana, Letnan Laut Andika P, ketika dikonfirmasi ditempat berbeda juga menegaskan, bahwa dengan sistem jaga laut atau (Siskamling), sangat membantu pihaknya dalam penegakan hukum di perairan khususnya di wilayah laut Kaimana.
“Dengan adanya Siskamling jaga laut ini, sangat membantu informasi kepada kami TNI AL kususnya Polsal Kaimana, karena perairan Kaimana sangat luas. Kalau kita tidak di bantu sama siskamling jaga laut, maka kita sangat kerepotan untuk melakukan penindakan berupa penegakan hukum terhadap pekalu ilegal fhising di wilayah perairan kaimana,” tegasnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed