oleh

SIM Online Terkendala Internet

-Metro-201 views

AIMAS – Layanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online melalui program SIM Presisi Nasional (SINAR) terkendala koneksi internet yang kurang mendukung. Padahal menurut Kasat Lantas Polres Sorong AKP Stefani Ivonne Tasane, S.IK, pelayanan pengurusan SIM secara online tersebut sebenarnya bisa sangat mempermudah masyarakat maupun petugas.

“Kalau bisa berjalan normal harusnya aplikasi ini bisa memudahkan masyarakat karena tidak perlu datang ke kantor. Petugas juga dipermudah karena berkasnya lengkap, jadi kami tinggal cetak saja,” ujar Kasat Lantas.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Penuturan Kasat lantas Polres Sorong juga dibenarkan oleh Bendahara Penerima (Benma) Polres Sorong Aipda Dwi Ratmoko, S.H. “Program ini sebenarnya bagus, hanya memang terkendala jaringan. Bahkan anggota kami sendiri sudah berusaha mencoba masuk ke aplikasi tersebut untuk mengurus SIM online tapi susah sekali tembusnya,” ujarnya.

Layanan SINAR merupakan pelayanan SIM secara online yang bisa diakses melalui aplikasi Digital Korlantas Polri. Puluncuran aplikasi ini berdasarkan program 100 hari kerja Kapolri untuk mengembangkan modernisasi pelayanan masyarakat. Namun, saat ini aplikasi tersebut memang baru bisa melayani perpanjangan SIM bukan untuk pembuatan SIM baru.

“Aplikasi ini belum bisa digunakan untuk layanan pembuatan SIM baru, sementara ini baru bisa untuk perpanjangan saja. Untuk pembuatan SIM baru, pemohon tetap datang ke Satpas yang dipilih untuk ujian praktik. Dengan syarat sebelumnya pemohon harus lolos registrasi online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri,” terang Dwi.

Secara umum, lanjut Dwi, pengurusan perpanjangan SIM melalui aplikasi tersebut sesungguhnya terbilang mudah dan relatif sangat cepat, dengan syarat seluruh berkasnya harus sudah lengkap. Syarat lain yang dibutuhkan untuk perpanjangan SIM secara online ini, masyarakat diharapkan mengajukan permohonan tersebut sejak jauh hari sebelum SIM-nya mati.

“Paling tidak 3 bulan sebelum SIM-nya mati, pemohon sudah mulai melakukan pengurusan perpanjangan SIM secara online ini. Untuk lama kepengurusan SIM online ini juga relatif cepat, yang jelas kalau datanya lengkap, petugas tinggal cetak,” jelasnya.

Dirinya menambahkan bahwa saat ini aplikasi Digital Korlantas Polri telah tersedia di Playstore bagi pengguna Android. Sementara bagi pengguna iPhone, layanan tersebut juga akan segera dihadirkan di AppStore dalam waktu dekat. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed