oleh

Silaturahmi Dengan Insan Pers, Pangdam Beberkan 3 Tantangan Tugas Saat Ini

MANOKWARI-Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa membeberkan tiga tantangan tugas saat ini, membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 melalui operasi pendisiplinan protokol kesehatan, berperan aktif menyukseskan Pilkada serentak 2020 serta membantu pemerintah dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Pangdam menyampaikan ini saat silatuhrami dengan Insan Pers di Manokwari, Jumat (16/10/2020). Dihadiri Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein, Kapendam Kolonel Kav Zubaedi, para Asisten dan Kabalak Kodam XVIII/Kasuari serta Ketua PWI Papua Barat, Bustam, ST.

Silaturahmi yang dimulai pukul 14.00 WIT berlangsung dalam suasana santai dan kekeluargaan, dihadiri pimpinan media massa dan wartawan. Pangdam menyampaikan sejumlah kepada media masss selalu menjaga kekompakan, kebersamaan, memberikan informasi dan berita berimbang serta konstruktif. ‘’Hindari pemberitaan yang menyesatkan. Serta saling mengisi satu dengan yang lain,’’ ujar Pangdam.

Alumni Akmil dan peraih Adhymakayasa tahun 1990 membeberkan perjalanan singkat pertugas di wilayah Papua. Separoh kariernya lebih banyak bertugas di satuan elit TNI-AD, Kopassus. Pernah ditugaskan sebagai Danrem 163/Wirasatya.

Awal bertugas di Papua sebagai Danrem 173/Praja Vira Braja di Biak tahun 2017 yang membawanya meraih bintang satu, brigadir jenderal. Kariernya makin moncer, promosi sebagai Kasdam XVII/Cenderawasih. ‘’Ada ungkapan populer di Papua ini, siapa bekerja jujur akan berjalan dari satu tanda heran ke tanda heran berikutnya,’’ tutur Pangdam.
Setahun menjabat Kasdam XVIII/Kasuari, pria kelahiran Buleleng, Bali ini dipanggil Mabes TNI menjabat Pa Sahli Tk. III Bid Polkamnas Panglima TNI. Ia kemudian dipanggil kembali ke Kopassus. Dia dipercaya memimpin korps baret merah ini dengan pangkat bintang dua mayor jenderal tahun 2019 dan ditunjuk sebagai Pangdam XVIII/Kasuari.

I Nyoman Cantiasa mengakui bagaimana peran pers sebagai penyampai informasi kepada masyarakat. Pers juga berperan sebagai pilar demokrasi dan mencerdaskan bangsa. Cantiasa sudah merasakan menjalin kerjasama kemitraan baik dengan insane pers saat menjabat sebagai Danrem, Kasdam, Danjen Kopassus dan sekarang Pangdam XVIII/Kasuari.

‘’Saya merasakan bahwa media dan TNI itu tidak bisa dipisahkan. Media turut terlibat dalam membangun bangsa ini. Media massa memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, memiliki peran sebagai komunikator dan agen perubahan,’’ ujar Pangdam.

Pangdam juga membeberkan program TNI di Kodam XVIII/Kasuari, yakni merekrut 1.000 calon Bintara Otsus bekerjasama dengan Pemprov Papua Barat. Perekrutan ini membuka lapangan pekerjaan sekaligus pemberdayaan terhadap putra-putri asli Papua.

Pada kesempatan ini, Pangdam menyerahkan secara simbolis rompi kepada jurnalis, serta bantuan sembako.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed