oleh

Sidang Amdal Stadion Bawela Digelar

-Metro-240 views

SORONG- Asisten I Setda Kota Sorong Bidang Pemerintahan dan Kesra, Rahman, S.STP, MSi mewakili Wali Kota Sorong, Drs.Ec.Lambert Jitmau,MM membuka acara sidang komisi penilaian Amdal, RKL-RPL Pembangunan Stadion Bawela oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Sorong dan Komisi Amdal, Senin (21/12/2020).

“Stadion ini berukuran minimal tetapi berstandar nasional dengan menggunakan anggaran APBD Kota Sorong,” katanya kepada Radar Sorong.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Dijelaskannya bahwa Wali Kota Sorong juga memesan kepada konsultan kepada penelitian Amdal supaya memperhatikan integrasi dengan kawasan yang ada di sekitar, karena ada bisnis reklamasi oleh PT Modern, dan ada Pelindo IV tentunya ini akan memberikan dampak cukup tinggi terkait Andalalin. “Jadi layak atau tidak layak nantinya dari penilaian Amdal ini. Pembangunan stadion juga akan memberikan dampak baik terhadap ekonomi masyarakat lokal. Jadi yang sudah selama ini berjualan di termbok berlin depan lapangan hoky bisa terakomodir. Kota Sorong hebat, Kota Sorong maju,” tegasnya.

Ketua Komisi Amdal Kota Sorong, Julian Kelly Kambu, ST, MSi yang sehari-hari jabat Kepala Dinas PPLH Kota Sorong ini mengatakan, pembangunan Stadion Bawela merupakan kebijakan kepala daerah dalam hal ini Wali Kota Sorong, Drs.Ec.Lambert Jitmau,MM yang akan dipersembahkan kepada generasi anak cucu yang akan datang. Sehingga pembangunan tersebut harus melalui proses perijinan dipastikan RTRW, ijin lokasinya, ijin lingkungan yang wajib disertai dokumen Amdal. 

“Karena pembangunannya skala besar sehingga harus dilakukan kajian Amdal, rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup. Setelah uji publik, andalalin, study kelayakan, amdal serta memperhatikan presentasi konsultan, pembangunan stadion layak dibangun, kami lihat dari sisi amdal dan secara teknis. Ini akan menjadi suatu icon. Kami harap kontraktor yang akan membangun stadion dapat memanfaatkan tenaga atau kuli bangunan dari Kota Sorong,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Sorong, Fanik Tehupeory, mengatakan ada beberapa dokumen yang disiapkan dalam membangun stadion Bawela yaitu dokumen analisis dampak lalu lintas atau Andalalin atau Perencanaan pengaturan lalu lintas. Uji kelayakan dan yang terakhir analisis dampak lingkungan (Amdal).

“Kegiatan pembangunan stadion Bawela saat ini sampai pada tahap penyelesaian administrasi dokumen-dokumen pendukung yaitu amdal, andalalin dan study kelayakan. Sedangkan tahapan perencanaan sudah selesai, sehingga sudah dilakukan sidang komisi amdal tahap terakhir untuk menetapkan layak tidaknya pembangunan Kota Sorong,” ujarnya.

Lanjutnya, Stadion Bawela sebagai apresiasi dan penghormatan wali kota Sorong kepada keluarga marga Bawela yang memiliki tanah adat. Kemudian stadion tersebut menggunakan anggaran APBD tahun 2021 dan target pembangunan tahun 2021. Stadion dengan kapasitas 7000. “Pembangunan stadion yang di programkan Wali Kota Sorong di akhir-akhir masa jabatan beliau, semoga proses pembangunan bisa berjalan dengan baik dan lancar sampai selesai. Mohon doa restu masyarakat dan pencinta olahraga di Kota Sorong,” tandasnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed