oleh

Shalat Ied di Korem Diikuti Ratusan Jamaah

-Metro-656 views

SORONG – Pada hari Minggu (11/8) Pukul 07.15 Wit,di lapangan Apel Makorem 181/PVT dilaksanakan Sholat Idul Adha 1440 Hijriyah Imam Sholat Ied oleh Letda Inf. Sudarno dan Khotbah Ustadz Agusanto yang diikuti sekitar 550 Jamaah. Dilanjutkan kegiatan Penyerahan Hewan Qurban  oleh Danrem 181/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono,M.A., di hadiri oleh Kasrem 181/PVT Kolonel Inf Hariyanto para Kasi Korem 181/PVT, para Komandan Satuan dan Ka Balak Aju jajaran Korem 181/PVT, Prajurit dan PNS Korem 181/PVT beserta keluarga dan masyarakat.

  Dalam khotbah yang di sampaikan oleh Ustadz Agusanto S,Ag menyampaikan Ibadah qurban, adalah satu ritualitas agama yang berdimensi sosialnya sangat tinggi dengan berqurban, seorang muslim merasa dekat dengan Allah SWT dan dekat dengan sesamanya. Saat orang yang berqurban menyembelih qurbannya, ia membaca ”Sesungguhnya shalatku ibadahku (Qurbanku), hidup dan matiku untuk Allah. ”Dan setelah hewan qurbannya disembelih, ia bagikan dagingnya kepada orang yang kurang mampu menumbuhkan kecanduan dan kepedulian kita terhadap ibadat ini hanya dilakukan demi kepentingan, demi kebaikan dan keinginannya. 

   Sikap ingin dekat dengan Allah selalu dipelihara harus mendayagunakan seluruh potensi diri dalam menunaikan ibadah- ibadah dengan Allah dan juga dengan sesama manusia, insya Allah kehinaan dalam kehidupan ini pasti akan tersingkir jauh. ibadah qurban ini juga memahamkan banyak hal bermanfaat lainnya, untuk kita aktualisasikan dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara. Allah SWT dengan sifat Rububiyah-Nya memenuhi segala kebutuhan hamba-Nya. Termasuk di dalamnya serta seluruh kemakmauran. 

   Maka dari itu, nikmatilah kemerdekaan sebagai anak bangsa dengan peningkatan ketaatan dan pengorbanan, sebabkan dalam hidup ini hanya ada dua pilihan saja yaitu, Bersyukur atau ubah rasa syukurnya kufur kepada Allah, nikmatilah nikmat yang diberikan kepada kita dengan cara Taat bersyukur dan berkorban, Korban yang mengeluarkan sebagian hak orang lain yang ada di dalam harta kita dan inilah vang menghargai dengan rasa syukur atas nikmat rizki atau harta yang Allah berikan kepada kita yang sesuai dengan Firman Allah ”Barang siapa yang bersyukur atas nikmatku maka akan kuta mbahkan nikmat kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmat Ku), maka sungguh azab-Ku sangat pedih. ”(QS. Ibrahim [14]:).

  Setelah melaksanakan Shalat Ied kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban dari korem 181/PVT oleh Danrem 181/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono,M.A., kepada pengurus Masjid Al-Mujahidin. Danrem berpesan  hari raya qurban itu kita harus mampu mengambil hikmah dan inti dari arti berqurban kita sebagai manusia dan sebagai anggota militer harus berkorban setiap saat itu kita simboliskan seperti kita memberikan atau memotong hewan qurban sehingga tepatlah jika hari raya idul adha ini kita aplikasikan semangat kita semangat idul qurban untuk kita lebih sadar bahwa kita ini,tentara yang selalu berkorban sampai pensiun nanti baik,dalam kehidupan berkeluarga maupun dalam karir militer kita. “Percayalah bahwa apa yang kita korbankan dalam kehidupan ini akan mendapat pahala dari Allah SWT.Tuhan akan menilai dan nantinya akan kita bawa sampai di alam baka, “pungkas Danrem.  Pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang di laksanakan di Korem 181/PVT terdiri dari 6 ekor Sapi yang nantinya setelah daging dikemas maka dagingnya diberikan kepada seluruh warga Korem 181/PVT dan masyarakat serta ke Beberapa Panti Asuhan di wilayah Sorong. (Penrem 181/PVT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed