oleh

Sering Banjir, Drainase Butuh Pembenahan

-Metro-111 views

AIMAS–  Dinilai sebagai salah satu penyebab banjir,  pembangunan drainase di Distrik Mayamuk dan Salawati diminta untuk dibenahi.  Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) Kabupaten Sorong,  Aminadab Lobat S.AN.,M.Si kepada media di ruang kerjanya beberapa waktu lalu setelah melakukan peninjauan langsung di lapangan.  

Menurut Aminadab, di Distrik Mayamuk dan Majener ada beberapa titik saluran air drainase yang tidak sesuai, akibatnya banjir terjadi secara berulang. “Waktu banjir dan setelahnya kami lakukan tinjauan langsung ke lapangan, kami dapati ada saluran air yang tidak sesuai, sehingga banjir terjadi ulang-ulang,” ucapnya.  

Selama banjir yang terjadi di beberapa titik, diungkapkan Aminadab, tidak hanya melanda rumah warga tetapi juga perkebunan dan pertanian milik warga yang akhirnya harus mengalami gagal panen dan merugi dikarenakan lahan yang terendam banjir.

“Kalau banjir, bukan cuma rumah warga saja yang terendam,  petani juga merugi karena lahannya terendam banjir,” ungkapnya.  

Ia mengharapkan agar kedepannya BPBD dapat ikut terlibat dalam koordiniasi apabila direncanakan pembangunan di wilayah Kabupaten Sorong. Dirinya juga menilai BPBD sering dipandang sebelah mata, padahal upaya koordinasi telah dilakukan oleh BPBD Kabupaten Sorong. 

“Harusnya kalau ada rencana pembangunan sejak awal,  BPBD juga ikut dilibatkan, karena BPBD tahu dimana titik banjir atau daerah rawan, tapi sekarang ini sudah kejadian baru BPBD dipanggil,” ungkapnya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed