oleh

Serahkan Bantuan Secara Simbolis di Kaimana

-Kaimana-294 views

KAIMANA – Selain melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi massal, untuk masyarakat umum dan pelajar di Kabupaten Kaimana, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,MSi dalam kunjungan kerjanya ke Kaimana, berkesempatan menyerahkan secara simbolis, bantuan tangan kasih, bantuan stimulus UMKM dan bantuan bahan pokok  makanan kepada tokoh Agama, serta pensiunan TNI/Polri dan warakauri, di Hotel Grand Papua Kaimana, Rabu (1/9).

Selain Gubernur Papua Barat, Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Tornagogo Sihombing, Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI. I Nyoman Cantiasa, Bupati Kaimana, Freddy Thie, serta sejumlah jajaran Forkopimda di lingkup Pemprov Papua Barat, juga berkesempatan menyerahkan bantuan yang digulirkan oleh Pemrov Papua Barat, tahun anggaran 2021 ini.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Bupati Kabupaten Kaimana, Freddy Thie mengatakan penerima bantuan di Kabupaten Kaimana, sejak tahun anggaran 2020 lalu hingga tahun anggaran 2021 ini berjumlah 4.158 orang penerima. Bantuan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua Barat, sebesar Rp. 21 Milliar lebih.

“Untuk tahun anggaran 2021, Kabupaten Kaimana menerima sebanyak 1850. Para penerimanya merupakan pekerja formal dan informal, serta penyandang cacat atau disabilitas,” terangnya.

Bupati mengatakan, para penerima bantuan mendapat Rp 300.000 setiap bulannya, mulai Januari hingga Maret 2021. Setiap penerima berhak mendapat Rp 900.000, namun dipotong biaya iuran jaminan kematian dan kecelakaan kerja sebesar Rp 51.400. Sehingga para penerima bantuan mendapatkan Rp. 846.800, yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima bantuan.

“BPJS tenaga kerja telah membayar santunan kematian kepada ahli waris, penerima tangan kasih yang meninggal dunia, sebanyak 5 orang. Besarannya bervariasi Rp. 42.000.000, dan Rp. 84.000.000,” jelasnya lagi.

Sementara itu, penerima bantuan stimulus bagi pelaku usaha mikro pada tahun 2020 di Kabupaten Kaimana sebanyak 350 penerima, yang disalurkan melalui Bank.

“Pada tahun 2021 jumlah penerima sebanyak 350 orang, dan yang baru tersalurkan sebanyak 181 penerima melalui Bank Papua cabang Kaimana,” ujarnya.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,MSi dalam sambutannya mengatakan, dampak dari pandemi COVID-19 sangat terasa pada bidang kesehatan, bidang sosial dan bidang ekonomi. Sehingga pemerintah provinsi Papua Barat, sejak tahun 2020 berdasarkan surat kesepakatan bersama dua menteri, yang disampaikan kepada seluruh pemerintah provinsi, dan kabupaten kota di seluruh Indonesia, untuk melaksanakan refocusing APBD.

“Dan kita sudah lakukan, untuk tahun 2020 sudah selesai. Untuk tahun 2021 juga, kita alokasikan melalui APBD untuk tiga program. Pertama untuk penanganan kesehatan di Papua Barat. Kemudian program jaringan pengaman sosial. Untuk jaringan pengaman sosial ini, ada penyerahan bapok melalui lembaga keagamaan di Papua Barat dan juga di Kaimana, yang sudah kita lakukan pada tahun 2021 ini,” jelas Gubernur.

Gubernur menyebutkan, untuk pemulihan ekonomi pihaknya juga menyalurkan bantuan melalui program tangan kasih, kepada pekerja formal, informal, disabilitas dan lintas Agama diseluruh Papua Barat, sebanyak 5366 orang penerima.

“Khusus untuk Kabupaten Kaimana 1.850 penerima. Setiap bulan Rp. 300.000, mulai bulan Januari dan bulan Maret 2021. Kita bekerjasama dengan pihak perbankan,” jelasnya lagi.

Orang nomor satu di Provinsi Papua Barat ini mengajak masyarakat tetap menjaga toleransi dan kerukunan, sehingga kehidupan di Papua Barat secara umum, dan Kabupaten Kaimana khususnya berjalan aman dan damai. Selain menyerahkan bantua secara simbolis, Gubernur juga menyerahkan santunan kepada ahli waris, sebagai manfaat program BPJS Ketenagakerjaan. (fat/ian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed