oleh

Seniman Papua Dilatih Susun Kurikulum

-Metro-47 views

AIMAS-Puluhan seniman asli Papua dilibatkan dalam kegiatan pelatihan penyusunan kurikulum lokal pendidikan dasar (seni suara) oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sorong, Selasa (14/9). Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan tahun lalu.

“Di Papua da klasifikasi musik Papua. Jadi tujuan awal kami adalah ingin memperkenalkan musik dasar Papua kepada sanggar seni, mereka harus tahu apa yang menjadi ciri khas daerah Sorong dari cara petikan musiknya,” jelas Kabid Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sorong, Luther Salamala.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Materi tersebut diberikan pada hari kedua, sementara pada hari pertama materi yang diberikan lebih formal. Berkaitan dengan kebijakan secara nasional terkait pembinaan kebudayaan, pembinaan kesenian secara nasional yang ada di berbagai daerah.

Luther menjelaskan, sebenarnya ada banyak sanggar seni yang didirikan oleh masyarakat Papua. Namun sayangnya, para seniman tersebut  tidak memiliki latar belakang sebagai tenaga pendidik. Padahal kehadiran tenaga pendidik khusus kesenian Papua sangat dibutuhkan di sekolah-sekolah.

Oleh karena itu, sebagai apresiasi, Dinas pendidikan Kabupaten Sorong mencoba menjemput bola  dan merespon kehadiran sanggar seni tersebut. 

“Sebagai apresiasi kami menjemput itu, merekrut generasi muda Papua untuk bergabung menggali potensi seni di Papua bersama sanggar seni. Harapannya kesenian di Papua akan menjadi komoditi destinasi yang juga dapat menarik wisatawan. Namun ini akan berjalan step by step, sebab masyarakat seniman para pendiri sanggar, juga masih belajar menyusun kurikulum kesenian. Kami berharap bisa ada pelatihan yang lebih intens untuk mereka belajar memantapkan kemampuannya,” harap Luther. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed