oleh

Selalu Semangat, Obat Mujarab Kabag Protokol Cepat Sembuh dari Covid-19

MANOKWARI-Kepala Bagian Protokol pada Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Papua Barat, Helen Frinda Dewi, SHut, MSi bersyukur bisa cepat pulih atau negatif dari virus corona (Covid-19). Sebagai pasien corona, dia sempat isolasi mandiri selama satu minggu.

Helen melakukan swab test setelah suaminya yang merupakan pegawai Inspektorat  Provinsi Papua Barat terkonfirmasi positif corona. Dia bersama anak dan keluarga uang tinggal serumah bernisiatif juga melakukan swab test. Hasilnya, Helen, satu anaknya dan ibu kandung terkonfirmasi positif.

Ketahuan terpapar Covid-19 pada 24 September, Helen bersama suami, anak dan ibu mertua menjalani isolasi mandiri di rumah. ‘’Saya sebagai OTG, orang tanpa gejala,’’ ujarnya kepada Radar Sorong, Sabtu (17/10/2020).

Jalani isolasi karena terpapar Covid-19, Helen, bersama suami, anak dan ibu hanya beraktiviras di dalam rumah dan sangat terbatas. Meski begitu mereka tetap bersemangat. Imbuan-imbauan dari dokter dipatuhi. Sehari-hari mengkonsumsi telur rebus, minum the jahe, madu dan jeruk selain vitamin dari dokter.

Sekitar satu minggu menjalani isolasi, Helen kembali swab test dan hasilnya telah negative. Kabag Protokol ingin berbagai pengalaman bagaimana menghadapi virus berbahaya ini. ‘’Kita semua tidak berharap terpapar virus corona. Kalau nanti terinfeksi, jangan putus asa, jangan kecewa, jangan bersedih hati. Tetapi harus kita semangat,’’ ucapnya.

Helen punya semangat agar cepat pulih dari virus ini. Baginya, dengan jiwa yang tetap semangat, akan meningkatkan imun tubuh seseorang. Dengan semangat pula, punya komitmen untuk cepat sembuh dan pulih supaya dapat beraktivitas kembali. ‘’Kita tetap semangat, istirahat dan mengkonsumsi makanan bergizi,’’ imbuhnya.

Sebagian pasien Covid-19 merasa minder berhubungan dengan  orang lain. Bahkan di masyarakat ada imej kurang baik bagi pasien Covid-19. Lagi pula virus corona belum ada obatnya. Helen mengatakan, obat  yang paling ampuh dan mujarab adalah semangat, olahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi. ‘’Belum ada obat yang mujarab, dengan selalu semangat, imun kita akan meningkat dan kita bisa pulih,’’ kata dia.

Sebagai Kabag Protokol punya ritme kerja  yang tinggi mempersiapkan kegiatan pimpinan (Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda atau pejabat lainnya), Helen dan staf berpotensi tertular Covid-19. Namun ternyata bukan demikian. Dia menduga tertular dari suami.

Beberapa rekan kantor suaminya terpapar Covid-19. Di pihak lain, semua staf di Bagian Protokol 15 orang yang swab test hasilnya negatif.

‘’Sebagai Kabag Protokol yang melayani pimpinan hampir setiap hari, kami sudah mempersiapkan acara dan kegiatan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan, selalu pakai masker, pakai hand sanitizer. Namun, kemungkinan saya positif tertular dari suami. Ada beberapa pegawai  Inspektorat yang positif,’’ bebernya.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed