oleh

Sekda Kota Wewenang Wali Kota

-Metro-43 views

Baru saja melaksanakan Pelepasan Mantan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Sorong, Dra. Welly Tigtigweria yang memasuki masa Purna Bhakti. Wali Kota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau, MM sudah memiliki sosok Sekretaris Daerah baru yang akan menemaninya di masa kepimpinannya selama 1 tahun lebih. Meskipun begitu, ia belum bisa mengumumkan siapa Sekda baru tersebut.

Hari Senin, tanggal 5 Oktober 2020, Wali Kota Sorong akan mengangkat Pejabat Sementara (Pjs) jabatan Sekretaris Daerah Kota Sorong, namun siapa orang tersebut, belum ditentukan oleh Wali Kota Sorong. Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau mengungkapkan pengangkatan Pejabat Sementara Sekda Kota Sorong akan berlangsung sekitar 1 atau 2 minggu saja.

“Sekda Definitif pasti akan ada, jadi untuk Pjs paling hanya satu atau dua minggu saja,”beber Wali Kota Sorong.

Untuk Pjs Sekda Kota Sorong, tambah Lambert sudah pasti adalah orang dari lingkungan Pemerintah Kota Sorong yang pastinya tahu tentang pemerintahan. Sementara itu, untuk Sekda definitif sendiri, sambung Lambert merupakan kebijakan kepala daerah, asalkan memenuhi syarat dan yang terbaik.

“Nanti lihat, semua itu dikembalikan kepada kepala daerah karena kepala daerah yang keluarkan SK dan yang lantik. Beda dengan yang dulu,”ujarnya.

Terkait calon Sekda Kota Sorong apakah OAP atau bukan, Lambert belum dapat memberitahukan. Sebab untuk menjadi seorang Sekda yang terpenting adalah memenuhi syarat dan persyaratan mutlak yakni sudah memiliki sertifikat Diklat Pim II, kemudian pernah dilantik menduduki jabatan Eselon II minimal dua kali.

“Saya senang kalau Sekda kali ini perempuan lagi, memang ada tapi sudah mau pensiun karena berdasarkan persyaratan bila ASN tinggal 2 atau 3 tahun pensiun maka tidak boleh diusulkan, paling sedikit 5 tahun,”terangnya.

Tidak menutup kemungkinan Calon Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kota Sorong adalah seorang lelaki, baik yang berasal dari Kota Sorong maupun dari luar Kota Sorong. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed