oleh

Sejumlah Tokoh Tegaskan Otsus Lanjutkan !

-Metro-108 views

SORONG– Beberapa tokoh masyarakat Kota Sorong, diantaranya Hengki Korwa (Kepala Suku Biak Sorong Raya), H. Idris Augaje (Kepala Suku Kokoda Kota Sorong), Bpk. Simson Suu (Ketua Dewan Adat Pertimbangan Adat Suku Moi Kota Sorong) dan Bpk. Esau Gogoba (Pengusus Biro Adat LMA Emeyode Kokoda Kota Sorong) menyatakan dukunganya terhadap keberlanjutan Otsus di tanah Papua.

Hal tersebut disampaikan para tokoh tersebut sebagai bentuk dukungan mereka terhadap upaya pemerintah pusat  untuk menyetarakan Provinsi Papua dan Papua Barat dapat sejajar dengan Provinsi lainnya di Indonesia.

Walaupun memang dalam kenyataan di lapangan, masih banyak hal-hal yang harus di evaluasi dari pelaksanaan Otsus yang sudah berjalan selama ini.

Sejumlah tokoh masyarakat tersebut mendukung sepenuhnya Otsus di tanah Papua, akan tetapi diharapkan adanya keterbukaan dari Pemerintah Provinsi sampai ke tingkat Pemerintah Kota/Kabupaten tentang program-program pembangunan yang berdampak langsung terhadap pembangunan SDM anak Papua. Otsus jangan hanya digunakan untuk kepentingan pribadi atau kepentingan golongan saja. Akan tetapi harus dirasakan oleh semua masyarakat yang ada di Papua. Karena pada dasarnya Otsus diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bukan untuk kepentingan pribadi ataugolongan.

Terkait dengan Sitkamtimas di Kota Sorong menjelang 1 Desember 2020, Para Tomas juga mengimbau agar masyarakat Kota Sorong tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin membuat situasi menjadi tidak kondusif, dengan melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Repobelik Indonesia sehingga dapat memecah belah persatuan dan kesatuan yang selama ini sudah terjalin dengan baik, karena yang akan merasakan dampak dari situasi yang tidak aman dan kondusif adalah masyarakat Papua itu sendiri, terutama yang berada di Kota Sorong.

Para tokoh juga menegaskan, menegaskan bahwa Papua adalah bagian yang tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Repobelik Indonesia,”Papua Rumahku, Indonesia Tanah Airku”. (**/rat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed