oleh

SDM Point Penting Pembangunan Papua

-Metro-28 views

Bicara tentang Otsus, berdasarkan UU tahun 2001, banyak perbincangan di masyarakat,antara lain tokoh – tokoh politik, elit Papua, dan pemerintah, terdapat pro dan kontra. Menurut pandangannya sebgai tokoh masyarakat, terdapat point penting terkait pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia orang Papua, perlu ada revisi UU Otsus tersebut.

“SDM satu bagian penting untuk pembangunan di Papua, dibutuhkan revisi UU Otsus sehingga formula khusus dapat diterapkan untuk peningkatan SDM dengan cepat dan tepat,” terang Kepala Suku Biak Sorong Hengki Korwa.

Menurut tokoh masyarakat yang satu ini, revisi UU Otsus sangatlah penting,  dengan harapan kepada semua pihak bersama – sama dengan MRP, DPRP, Fraksi Otsus membuka forum dengan pemerintan dan masyarakat, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, bersama sama bicara tentang kepentingan Otsus agar bisa dilanjutkan untuk kepentingan masyarakat Papua.

Dirinya sebagai tokoh masyarakat berharap Otsus dapat dilanjutkan, dengan alasan APBN yang telah disiapkan pemerintah untuk 34 provinsi sangatlah terbatas. Sedangkan untuk membangun tanah Papua dibutuhkan dana di luar APBN, hal ini mengingat luasnya wilayah Papua, sehingga tidak mungkin di bangun hanya mengandalkan APBN. Maka hadirnya progam khusus yang dinamakan Otsus ini menjadi penting demi percepatan pembangunan. 

Ia menuturkan,apabila ditanyakan sampai ke akar rumput (masyarakat bawah) tentang manfaat Otsus, mereka pasti mengatakan Otsus tidak berdampak langsung kepada pribadi orang Papua. Namun secara tidak sadar sebenarnya masyarakat sudah menikmati hasil dari pembangunan yang bersumber dari dana Otsus. Salah satu penyebab krisisnya kepercayaan masyarakat terhadap keberhasilan Otsus disebabkan oleh kurangnya transparansi dan pengawasan terhadap pemanfaatan dana Otsus.

Oleh karena itu, Jika ada Oknum pejabat yang terbukti melakukan penyalahgunaan dana Otsus, maka seharusnya aparat/instansi yang mempunyai hak melakukan audit dan penindakan terhadap penyalahgunaan tersebut harus bertindak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Penindakan ini sangat penting, sehingga masyarakat akan memahami bahwa ketika ada oknum pejabat yang menyalahgunaan hak masyarakat, maka akan mendapatkan tindakan yang tegas. Hal ini juga dapat memberikan pelajaran, bukan hanya kepada para pemangku kekuasaan tetapi juga pembelajaran kepada masyarakat yang semuanya bermuara pada peningakatan kesejahteraan masyarakat Papua.

Ditambahkannya, jika masyarakat sudah merasakan kesejahteraan sesuai dengan tujuan dari Otsus tersebut, maka ia yakin tidak akan ada lagi yang berpikir negatif karena apa yang menjadi hak mereka sudah terpenuhi. (**/rat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed