oleh

SDM Pelaku Pariwisata Ditingkatkan

-Metro-104 views

AIMAS – Guna meningkatkan SDM Pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Sorong melaksanakan pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner di destinasi wisata, Jumat (27/8).

Kegiatan tersebut diikuti 40 peserta yang merupakan masyarakat dari empat kampung yang memiliki potensi pariwisata. Yakni Kampung Malaumkarta, Kampung Batu Lubang, Kampung Suatut dan Kampung Jeflio.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Diketahui kebutuhan konsumsi juga menjadi salah satu komponen dalam kebutuhan wisata. Oleh karena itu, Disparpora menggandeng Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Pelatihan inovasi kuliner yang dipelajari dalam pelatihan ini adalah bagaimana masyarakat bisa mengolah pangan lokal menjadi kuliner yang lebih bernilai. Bukan hanya menjadi sajian yang bernilai, namun kebersihan dari sajian tersebut juga harus selalu diperhatikan.

“Inovasi kuliner di destinati wisata kita lakukan agar para pelaku pariwisata bisa mengolah kuliner sesuai potensi pangan lokal di daerahnya. Hal ini dilakukan demi tetap terjanganya kearifan lokal dalam pengelolaan pariwisata,” terang Kadisparpora, Dorce Kalami.

Selain sebagai sarana peningkatan SDM pariwisata, inovasi kuliner ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu hal yang menyebabkan repeat customer. Apalagi, kearifan lokal menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari wisata budaya (culture tourism).

“Ini tujuannya adalah inovasi namun dengan tetap menjunjung tinggi kearifan lokal. Serta sebagai salah satu syarat pemenuhan sarana pariwisata untuk menjaring repeat customer,” ujar Dorce.

Inovasi kuliner yang dilakukan hari ini ialah mengolah sagu menjadi papeda dan beberapa jenis makanan lain. Serta membuat minuman jenis koktail dengan memanfaatkan bahan yang tersedia di daerahnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed