oleh

Satu Personel Pasmar 3 Dievakuasi Helly TNI AL

-Metro-154 views

SORONG-Terluka saat bertugas di salah satu pedalaman, satu Pasukan Marinir (Pasmar) 3 dievakuasi dengan menggunakan Helly bell – 412 HU-4207 milik TNI AL. Evakuasi tersebut, merupakan bagian dari kegiatan simulasi pertolongan melalui udara Pratugas Mupe dan Puter Pasmar 3 yang berlokasi di Lapangan Klakutum, Kampung Wonosobo, Kabupaten Sorong pada Kamis (8/4).

Kegiatan simulasi latihan simulasi pertolongan melalui udara Pratugas Mupe dan Puter bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan personel maupun material prajurit Pasmar 3 ketika mendapati tugas di daerah yang tidak memiliki akses darat maupun akses laut. Sehingga, akses udara pun menjadi pilihan. 

Sebelumnya, disimulasikan korban (Pasukan Marinir) terluka lantaran serangan musuh di medan yang sulit dijangkau dengan kendaraan darat sehingga memerlukan bantuan helikopter untuk menjangkau titik tersebut agar korban dapat dibawa ke fasilitas medis terdekat.

Wakil Komandan Pasmar 3 Kolonel Mar Agung Trisnanto yang saat itu meninjau  latihan simulasi menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah untuk mengecek secara langsung kesiapsiagaan personel maupun material prajurit Pasmar 3 untuk menghadapi tugas kedepan serta memberikan motivasi guna meningkatkan moril prajurit yang tergabung dalam latihan Pratugas. 

Selain itu, kegiatan evakuasi melalui udara ini memiliki maksud dan tujuan memberikan gambaran tentang bagaimana prosedur penanganan korban luka, dan personel dihadapkan dengan medan atau alam yang sulit dilalui dengan kendaraan darat menuju fasilitas medis terdekat dengan waktu singkat.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed