oleh

Sarankan Pemerintah Pusat Audit Dana Otsus Papua

Pemerintah pusat disarankan membentuk tim khusus guna mengaudit dana otsus yang telah dikucurkan ke Papua dan Papua Barat sejak otsus berlaku. “Kami mendesak pemerintah pusat segera membentuk tim audit dana otsus jilid I. Audit ini penting supaya kita masyarakat kecil secara terang benderang mengetahui uang otsus itu diperuntukkan untuk apa saja,” kata Ketua LSM Forkots, Otis Howay,SH kepada Radar Sorong, kemarin.

Bila nantinya hasil audit ditemukan dugaan penyalahgunaan dana otsus, maka harus dipertanggungjawabkan di hadapan hukum. “Kalau ditemukan ada oknum pejabat-pejabat yang menyalahgunakan dana Otsus untuk memperkaya diri sendiri, siapapun dia, entah itu orang asli Papua atau bukan, harus bertanggungjawab, harus diproses hukum secara transparan,” tegasnya.

Mantan Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sorong ini menyatakan mendukung keputusan rapat kerja Gubernur, Bupati dan Walikota se-Papua Barat di Teminabuan tahun 2019 lalu yang salah satu keputusannya berkomitmen   melakukan sensus penduduk Orang Asli Papua (OAP) di wilayah Papua Barat dalam upaya optimalisasi penyaluran dan  penggunaan anggaran Otsus agar tepat sasaran.

Terkait mekanisme penyaluran dana Otsus, Otis Howay menyarankan kepada MRP sebagai lembaga cultural orang asli Papua, untuk duduk bersama dengan tokoh-tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda-perempuan, untuk merumuskan mekanisme penyaluran dana Otsus agar tetap sasaran, sehingga dampak otonomi khusus Papua bisa dirasakan langsung oleh orang asli Papua. “Tapi menurut saya, sebaiknya anggaran otsus disalurkan langsung kepada orang asli Papua,” tandasnya. (ian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed