oleh

SAR Manokwari Gelar Latihan Operasi SAR

Kecelakaan Laut Dominan
MANOKWARI-Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Manokwari melaksanakan latihan Operasi SAR yang diikuti personel Basarnas dan Potensi SAR lainnya. Dibuka Pjs Bupati Manokwari, Robert Rumbekwan dihadiri Kapolres Manokwari AKBP Dadang Kurniawan, Dandim 1801/Manokwari dan Kakansar Manokwari Goerge Mercy Randang.

Pjs Bupati mengatakan, semakin meningkatnya perekonomian Propinsi Papua Barat khususnya daerah Manokwari, dengan sendirinya akan meningkatkan arus transportasi sebagai urat nadi perekonomian. Peningkatan kegiatan transportasi di tengah perubahan cuaca yang semakin sulit diprediksi ini, akan meningkatkan kerawanan terjadinya kecelakaan.

‘’ Kerawanan ini harus diantisipasi dengan penyediaan layanan jasa pencarian pertolongan (SAR). Upaya peningkatan kemampuan personil SAR harus ditingkatkan. Salah satunya melalui latihan SAR daerah, yang melibatkan kantor SAR dan instansi-instansi potensi SAR. Dengan melibatkan instansi berpotensi SAR, maka operasi SAR dapat dilaksanakan secara terkoordinasi dan terencana, sehingga terbangun kesamaan langkah dalam penyelenggaraan operasi yang terpadu dan komprehensif,’’ ujar Pjs Bupati.

Kepada instansi-instansi teknis terkait untuk memantau standar keselamatan transportasi pada umumnya dan pada khususnya pelayaran agar benar-benar menseriusi kelayakan pelayaran, dan mengarahkan prakiraan cuaca yang disampaikan oleh BMKG.

Pjs Bupati membeberkan, sesuai data dari Basarnas Manokwari, operasi SAR terkait kecelakaan kapal hingga september 2020 telah mencapai 11 kasus, yang didominasi perahu dan kapal nelayan.

‘’Untuk itu perlu kita bersama-sama ikut berpartisipasi dalam mensosialisasikan kepada para nelayan di daerah ini. Ini merupakan peran kita sebagai pemerintah,’’ ucap Rumbekwan.

Kakansar Manokwari, Goerge Mercy Randang menuturkan, tujuan pelatihan menyatukan pola pikir dan pola tindak dalam penyelenggaraan Operasi SAR kecelakaan kapal, meningkatkan koordinasi, pengerahan Potensi SAR dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan Operasi SAR. Diikuti 50 peserta.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed