oleh

Samsudin-Alfons Bupati-Wabup Sorsel Terpilih

SORONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong Selatan menetapkan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati nomor urut 1, Samsudin Anggiluli-Alfons Sesa sebagai bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Sorong Selatan tahun 2020 dalam Rapat Pleno di Sekretariat KPU Sorsel, Sabtu (20/2). 

Penetapan calon terpilih melalui Keputusan KPU Sorsel Nomor : 01/PL.02.7-Kpt/9204/KPU-Kab/II/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020. Rapat Pleno KPU dihadiri pasangan calon, Bawaslu, partai politik (Parpol) pengusung, dan unsur Muspida.

Ketua KPU Sorsel Ester Homer menjelaskan, penetapan pasangan calon terpilih merupakan amanat PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 yang dijabarkan dalam Surat Dinas KPU RI Nomor : 152/PY.02.1-SD/03/KPU/II/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pasca Putusan Dismisal/Ketetapan, tertanggal 11 Februari 2021.  Dalam aturan tersebut ditegaskan bahwa KPU di daerah memiliki tenggat waktu paling lama lima hari setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dibacakan. Putusan dismisal MK dibacakan pada Selasa (16/2) lalu.

Sementara itu, KPU Kabupaten Raja Ampat resmi menetapkan Abdul Faris Umlati,SE dan Orideko Iriano Burdam,S.IP,MM,M.Ec,Dev (AFU-ORI) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Raja Ampat Terpilih, Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor : 17/PHP. BUP-XIX/2021 tanggal 17 Februari 2021 hasil Pilkada Tahun 2020. 

Calon terpilih ditetapkan melalui SK KPU Nomor : 152/PY.02.1-SD/03/KPU/11/2021 tentang penetapan pasangan calon terpilih pemilihan serentak tahun 2020 dalam rapat pleno terbuka yang berlangsung di Aula KPU Raja Ampat, Sabtu (20/2) siang.  “Kita ketahui bahwa proses pemilukada sudah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi, dan KPU telah mengawal proses tahapan Pilkada Raja Ampat tahun 2020 sampai dengan penatapan bupati dan wakil bupati terpilih,” kata Ketua KPU Raja Ampat, Steven Eibe,S.STP.

Ia berharap masyarakat Raja Ampat bergandengan tangan dan mendukung bupati dan wakil bupati terpilih dalam membangun Kabupaten bahari ini. “Politik telah selesai, marilah kita sama-sama membangun daerah dengan baik. Kami penyelenggara mengajak masyarakat agar berpikir positif untuk memajukan Raja Ampat ini,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Raja Ampat, Markus Rumsowek,tak lupa menyampaikan banyak terima kasih kepada lembaga eksekutif yang telah menopang pihaknya sebagai penyelanggara bersama KPU sehingga pelaksanaan pilkada Kabupaten Raja Ampat terlaksana dengan baik.

Rapat pleno terbuka KPU Raja Ampat ini dihadiri Ketua DPRD Raja Ampat Abdul Wahab Warwey, Sekretaris KPU beserta jajaran sekretariatan KPU, Kapolres Raja Ampat AKBP. Andre J.W. Manuputty,. S.IK, Plt Kasdim 1805/Raja Ampat, Perwakilan Komisioner KPU Provinsi Papua Barat, Perwakilan pimpinan OPD Pemkab Raja Ampat, pimpinan partai politik pengusung pasangan AFU-ORI. (humas sorsel/hjw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed