oleh

Sah, Sabonnama Nahkodai IKF Kota Sorong

-Metro-75 views

SORONG- Ketua Umum Terpilih Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Nusa Tenggara Timur (NTT) Kota Sorong, Syafruddin Sabonnama secara resmi dilantik atau dikukuhkan untuk memimpin Ikatan Keluarga Flobamora NTT Kota Sorong periode 2020-2025. Pelantikan juga dilakukan kepada pengurus IKF NTT Kota Sorong, Sabtu (6/3) di salah satu hotel di Kampung Baru Kota Sorong.

 Pelantikan  dihadiri Sekda Kota Sorong Drs.Yacob Kareth,M.Si,  Kapolres Sorong Kota AKBP Ary Nyoto Setiawan,SIk, Pasi Bintahwil Staf Ter  Korem 181/PVT Mayor CPM (K) Salomina Towam, Dan Unit Kodim 1802/Sorong Lettu Inf Yusril, Anggota DPRD Provinsi Papua Barat, Abdullah Gazam dan Linda Anto, SE sebagai Kabid Ketahanan Eksosbud dan Ormas Kesbang Pol Kota Sorong.

Selain itu juga hadir Ketua-ketua suku lainnya seperti Ketua BPD KKSS Kota Sorong, Syamsudin Djohan, Ketua KKST Latumpu, Ketua Kerukunan Keluarga Key, Mualif Renwarin, Ketua Kerukunan Keluarga Batak Togar Manurung, Ketua Ikatan Keluarga Bima Eddi Sabara. Kemudian dari masing-masing ketua suku memberikan cinderamata kepada ketua terpilih Syafruddin Sabonnama.

“Terima kasih kepada sesepuh dan kepala-kepala tungku serta keluarga Flobamora. Kita telah melakukan langkah bersama sehingga saya meyakini bahwa pelantikan hari ini terjadi adalah sebuah deklarasi bahwa apapun persoalan dinamika yang ada di Keluarga Besar NTT, kita tetap berangkat dengan idealisme kita masing-masing. Mungkin hari ini kami dikukuhkan dan dilantik tetapi setelah ini tanggung jawab berat sedang  menunggu kami adalah bagaimana mengembalikan hati-hati semua orang NTT yang ada di tanah Malamoi Kota Sorong ini,” tegas Sabonamma usai dilantik, Sabtu (6/3).

Lanjutnya, ketika rekonsiliasi tidak dilaksanakan secara maksimal, maka tentu pasti hubungan persaudaraan ini terasa hambar. Padahal kerukunan ini dibentuk untuk memastikan bahwa 1 orang NTT dengan 1 orang NTT yang lain hidup di dalam upaya saling menguatkan, saling mengasihi dan bersama-sama untuk tidak saling melemahkan. Salah satunya yang terjadi pada 14 Tungku yang mengklaim IKF Kota Sorong dan telah melakukan musyawarah besar luar biasa.

“Kita hidup di sebuah negara yang ada aturan main ketika ada kelompok-kelompok yang mengatakan bahwa mereka harus melaksanakan musyawarah besar luar biasa, itu tidak bisa mereka mengumpulkan asumsi di mana-mana kemudian mendeklarasikan diri. Kita harus ingat bahwa jangan kita membodohi generasi NTT dengan melakukan langkah yang merusak tatanan kehidupam orang NTT di tanah perantauan. Di kerukunan ini kita dihadapi  bagaimana kita satu sama lain baku lihat, satu sama lain saling mengasihi. Ini bukan partai politik yang kita sama-sama rebut. Kita semua akan mengembalikan hati kita supaya menjadi baik,” tegasnya.

Dia menyampaikan IKF NTT Kota Sorong merupakan rumah besar bagi orang NTT yang merantau ke Kota Sorong untuk merangkul perbedaan budaya adat istiadat untuk kearifan bersama-sama meyakini bahwa tidak semua manusia memiliki kelebihan yang sama dengan manusia yang lain. Kita mungkin bisa berbeda secara idealism tetapi kita secara tungku tetap satu Keluarga Besar Flobamora NTT. Jadi pada prinsipnya organisasi ini hanya sebuah wadah.

 Sabonnama menambahkan, pada program kerja yang pertama adalah melakukan upaya-upaya rekonsiliasi. Kedua yaitu melakukan pendataan seluruh masyarakat Flobamora NTT yang ada di Kota Sorong. Ketiga yaitu akan bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk mendaftarkan warga NTT untuk mendapatkan keselamatan kerja bagi pekerja non gaji. Keempat memastikan bahwa orang NTT harus mendapatkan jaminan atau sebagai peserta Jamkesda.

Sementara itu, Pemerintah Kota Sorong melalui Sekda, Drs.Yacob Kareth,MM membacakan sambutan dari Wali Kota Sorong yang berhalangan hadir. Mengucapkan selamat kepada ketua dan pengurus serta diharapkan kepada pengurus yang telah terpilih secara optimal dengan potensi yang dimiliki guna meningkatkan eksistensi dan peran Ikatan Flobamora di Kota Sorong.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed