oleh

Safety Riding, Astra Motor Papua Sosialisasi Perlengkapan Berkendara

-Ekonomi-60 views

SORONG – Salam Satu Hati, kali ini team safety riding Astra Motor Papua dan Papua Barat atau Honda Papua mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dalam perlengkapan berkendara dengan aman yang sudah biasa digunakan dan hukumnya wajib digunakan saat berkendara sepeda ­motor.
Hal tersebut disampaikan Safety Riding Instructor Astra Motor Papua dan Papua Barat, Irfandi Achmad kepada Radar Sorong, Selasa (23/2/2021). Dikatakannya bahwa helm merupakan pelindung kepala kita saat bermotor, helm sangat banyak model dan jenisnya oleh karena itu mari kita mengenal lebih dekat helm yang biasa kita gunakan dan kelebihannya masing masing.

“Helm menjadi salah satu komponen terpenting yang harus ada ketika berkendara dengan sepeda motor, tak kira jauh atau dekat perjalanan, tindakan preventif untuk penyelamatan harus dipersiapkan matang guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Kita mungkin sudah sering melihat berbagai macam bentuk helm yang dijual dan digunakan para pemotor di jalan, ternyata penggunaan bentuk helm yang berbeda-beda itu bukan sekadar hanya untuk gaya semata,” jelasnya.
Namun, lanjutnya bahwa helm memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing sesuai kondisi dan kebutuhan. Nah, bagi kamu yang sering berkendara motor, tentunya harus tahu apa saja sih jenis-jenis helm untuk pengendara motor dan apa perbedaan mereka?. Dikatakan Irfandi, bahwa yang pertama helm model full face yaitu helm full face memberikan proteksi atau perlindungan penuh untuk seluruh area kepala mulai dari bagian belakang, daerah wajah hingga dagu. Helm ini merupakan standar dan cocok untuk digunakan ketika berkendara dengan jarak dan jauh karena perlindungannya yang maksimal, membuat kepala kita terlindungi dari hujan, angin, serangga, panas menyengat bahkan hingga kerikil dan debu yang beterbangan di jalan.

“Kekurangan helm full face adalah sudut padang pengendara menjadi tak terlalu bebas, meskipun sebenarnya tetap nyaman-nyaman saja untuk dipakai berkendara. Kalau ada yang belum tahu helm full face seperti apa yaitu helm yang biasa juga di pakai balapan Motogp, yang dipakai pembalap Motogp saat balapan,” ungkapnya.
Lanjutnya, Yang kedua Helm Off Road Helm, ini digunakan untuk para pembalap motor cross atau trail yang biasa mengendarai motor di medan yang terjal dan sulit. Akibat risiko tinggi yang ditanggung sang pemakai, helm ini memang memberikan proteksi lebih dari hanya sekadar melindungi kelapa dari angin dan debu. Bagian dagu yang menonjol dan kacamata khusus yang digunakan, dimaksudkan untuk melindungi pengendara dari kemungkinan cedera akibat kecelakaan yang memang sangat besar resikonya dalam kegiatan balap dengan motor cross.

“Helm ini menutup seluruh bagian kepala dan hanya menyisakan bagian hidung saja yang dibiarkan terbuka, agar alur udara untuk bernapas tetap lancar saat berkendara,” ujar pria murah senyum ini. Kemudian, dia menyebutkan yang ketiga ada helm half face yang merupakan modifikasi dari helm open face yang ditambahkan kaca pelindung di bagian depan untuk melindungi wajah, sehingga notabene lebih aman dan mampu memberikan perlindungan lebih baik, helm ini memiliki beberapa kelebihan diantara helm lain. Diantaranya penggunaannya lebih mudah, jarak pandang yang terbuka dan saat menggunakan helm ini pengendara tidak akan merasakan engap, ataupun panas karena bagian bawahnya yang terbuka mampu memberikan sirkulasi uada yang baik. Namun, karena bagian bawahnya yang terbuka ini, helm jenis half face tidak direkomendasikan untuk digunakan ketika perjalanan jarak jauh karena perlindungannya yang kurang optimal.

“Nah itu beberapa type model helm yang biasa di gunakan saat berkendara sepeda motor pada umumnya, jadi helm yang mana yang kamu biasa gunakan dan dipakai saat berkendara. Semoga bisa melindungi kepala kita dengan baik dan aman. Jadi sebelum kita menemukan hal-hal yang berharga dalam hidup, kita cari aman dulu sebelum naik motor,” pungkasnya.
Salah satu pengunjung, Jeni mengaku bahwa penggunaan helm bagi dia memang ­sesuatu hal yang wajib karena selain menghindari penilangan, juga melindungi diri sendiri.

“Sebenarnya kan polisi itu tilang untuk kebaikan kita, secara tidak langsung mereka peduli pada keselamatan kita pribadi. Jadi saya kalu mau kemana-mana helm itu harus dipakai, wajib hukumnyalah,” tegasnya ketika ditemui usai melakukan service di Dealer resmi motor Honda, Astra Motor Sorong 1 yang beralamat di Jalan Melati Raya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed