oleh

Ruang Bersalin Puskesmas Sorbar Operasional

-Metro-148 views

SORONG-Warga Distrik Sorong Barat yang ingin melakukan persalinan di Puskesmas Sorong Barat (Sorbar) saat ini bisa merasakan fasilitas yang lebih memadai. Pasalnya ruang bersalin yang sudah lama dibangun tersebut sudah bisa difungsikan.

Guna menekan angka kematian ibu saat melahirkan agar menurun, Pemerintah Kota Sorong melalui Dinas Kesehatan Kota Sorong meresmikan Ruang Bersalin Puskesmas Sorong Barat. Hal tersebut juga untuk melayani masyarakat lebih dekat, karena rumah sakit milik Pemkot yang memiliki jarak yang lumayan jauh dari Sorong Barat.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong Hermanus Kalasuat,S.ST mengatakan peresmian ruang bersalin Puskesmas Sorong Barat untuk menekan angka kematian ibu saat melahirkan agar menurun, selain itu sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota Sorong demi meningkatkan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil yang hendak melahirkan.

“Kita membuka pelayanan ruang bersalin tujuannya menjawab kebutuhan ibu bersalin yang ada khususnya di wilayah Sorong Barat. Ibu-ibu di sini yang hamil dan mau melahirkan bisa langsung ke Puskesmas Sorong Barat,” katanya usai meresmikan Ruang Bersalin pada Puskesmas Sorong Barat, Sabtu (11/12/2020).

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sorong Barat, M Saleh Siregar S.Sos.M.Kes, menambahkan bahwa ruang bersalin di Puskesmas Sorong Barat telah lama ada. Namun, belum beroperasi sehingga untuk menekan angka kematian ibu kala melahirkan maka Puskesmas Sorong Barat diresmikan langsung oleh Kadis Kesehatan Kota Sorong.

Dikatakannya waktu operasional ruang bersalin untuk melayani ibu hamil dan yang akan melahirkan yaitu setiap hari selama 24 jam, karena Puskesmas juga memiliki rumah singgah atau rumah tunggu. Bidan Ida Mawar bersama Bidan Muli Tarigan serta bidan di Puskesmas Sorbar  siap melayani persalinan ibu kala melahirkan. “Buka dari hari Senin-Minggu dan selama 24 jam karena kita juga menyediakan rumah singgah untuk menunggu ibu yang akan melahirkan,” pungkasnya. 

Lanjutnya, fasilitas di Ruang Persalinan ada incubator untuk merawat bayi yang memerlukan penangaman khusus. Ruang bersalin yang bernuansa hijau itu juga dilengkapi fasilitas lengkap. “Kami membuka kamar bersalin untuk menekan angka kematian ibu dan anak agar menurun. Ruang ini sudah lama ada dan ini pertama kali dibuka untuk melayani ibu hamil dan ibu melahirkan. Fasiltasnya lengkap. Ada 3 bed tempat tidur, dan ada incubator,” jelasnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed