oleh

RSUD Sele Be Solu Kembali Beroperasi

-Metro-85 views

SORONG-Lima ruangan RS Sele Be Solu yang sempat ditutup pada Jumat 12 Juni 2020 lalu, kini kembali beroperasi melakukan pelayanan seperti biasanya, Senin (29/6). Lima ruangan tersebut diantaranya IGD, ICU, kamar operasi, kamar bersalin, nifas dan ruangan bayi. Sempat ditutup lantaran terpaparnya tenaga Kesehatan RS Sele be Solu Kota Sorong dengan pasien terkonfirmasi Covid-19.

Direktur RSUD Sele be Solu, dr. Mavkren J. Kambuaya menjelaskan, pihaknya sudah membuka pelayanan dan menerima pasien. Bahkan saat IGD kembali membuka pelayanan, terlihat beberapa pasien sudah berdatangan dan dilayani oleh tenaga medis dengan menggunakan APD standar.

“Tadi pas saya pantau di IGD sudah ada pasien, kemudian di kamar bersalin pun sudah ada 1 ibu yang masuk,”jelasnya kepada Radar Sorong, kemarin.

Pihaknya, akan memperketat pengawasan ketika alur masuk rumah sakit akan dilakukan tracing dan screening di depan RS Sele be Solu, serta selalu mengingatkan para tenaga medis untuk menggunakan APD yang sesuai dengan standard, sehingga tidak perlu lagi menutup pelayanan.

“Ruangan yang kembali beraktivitas yakni IGD, ICU, kamar operasi, kamar bersalin, nifas dan ruangan bayi. Selama ditutup, pertama yang kami lakukan pemeriksaan  swab terhadap tenaga kesehatan kami  yang melayani pasien rawat inap maupun rawat jalanan dan secara bertahap akan di lakukan pemeriksaan terhadap petugas kami,” terangnya.

Pihaknya juga melakukan perbaikan-perbaikan, briefing bersama para tenaga medis di RS Sele be Solu guna membahas cara penggunaan dan pelepasan APD dengan benar serta pengaturan  di ruangan rumah sakit, dimana ada penambahan fasilitas berupa sekat pembatas di ruangan.

Setelah dibuka kembali, ia berharap agar masyarakat tidak perlu khawatir, sebab untuk penanganan pasien Covid-19 di RS Sele be Solu sudah memiliki alur yang berbeda dengan pasien umum. Sehingga masyarakat tidak perlu takut untuk terpapar.

“Intinya kami sudah membuka pelayanan,”ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong, Ruddy R. Laku mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit Sele be Solu, di persilahkan karena semua ruangan maupun semua pemeriksaan kesehatan dan penanganan bagi para pasien yang berobat sudah dilayani. 

“Kami bersyukur teman-teman di Sele be Solu sudah melakukan penyemprotan di ruangan-ruangan untuk sterilisasi,”ungkapnya.

Menanyakan terkait, Wali Kota Sorong yang menginginkan agar RS Sele be Solu difokuskan untuk melayani pasien umum, sedangkan pasien Covid-19 dipindahkan ke RSUD Kampung Baru, Ruddy mengatakan, memang saat ini RS Sele be Solu difokuskan untuk pelayanan umum. Tapi, karena masih ada pasien Covid-19 yang di rawat di RS Sele be Solu sehingga penanganan masih tetap berlangsung. 

“Rumah Sakit Rujukan masih menangani pasien Covid-19. Sedangkan RS Sele be Solu, kedepannya akan diarahkan untuk pelayanan umum. Supaya penanganan Covid-19 ini berjalan dengan cepat, sehingga proses kesembuhan semakin cepat. Sehingga masyarakat bisa pulih kembali,” tandasya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed