oleh

Ring Road ‘Makan Korban’, Satu Tewas, Dua Koma

JAYAPURA – Jalan Lingkar atau Ring Road Jayapura sepanjang 3,57 kilometer yang menghubungkan Distrik Jayapura Selatan dan Distrik Abepura Kota Jayapura, memakan korban. Senin (14/10), seorang pelajar SMP di Kota Jayapura, Agustin Sanjaya (16), meregang nyawa akibat kecelakaan maut di Jalan Ring Road yang diresmikan Gubernur Papua Lukas Enembe, 1 Agustus lalu. 

Selain korban tewas, kecelakaan maut antara dua sepeda motor mengakibatkan empat korban luka berat. Bahkan, dua korban diantaranya masih koma, tidak sadarkan diri. Korban koma bernama Valentino Duma (14) pelajar SMP YPK Dispora Kotaraja,  serta Lando (21).  Valentino mengalami patah tulang kaki kanan dan telinga kanan mengeluarkan darah, Sedangkan Lando mengalami patah tulang pergelangan tangan kanan dan bahu serta muntah darah. Dua korban luka berat lainya bernama Imanuel Lengkong (14) pelajar SMP dan Muhammad Hilion (21). Imanuel mengalami luka robek di betis kiri dan lecet lutut kanan, sedangkan Hilion mengalami luka patah tulang kering, betis robek dan lecet di tangan dan lutut.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R. Urbinas yang dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas Iptu Jahja Rumra, Selasa (15/10) malam membenarkan adanya kecelakaan maut tersebut. Kelima korban dilarikan ke RSAL Jayapura beberapa saat setelah kejadian. “Kelima korban langsung dilarikan ke RSAL oleh pengendara yang melintas. Satu korban meninggal beberapa jam kemudian setelah tiba di rumah sakit,” terang Jahja.

Dia menjelaskan, kecelakaan ini berawal saat kedua kendaraan melaju dari arah Pos Vihara menuju Pantai Hamadi Jayapura. Setibanya di pertengahan Jalan Lingkar, Mio bernomor polisi DS 5924 AW yang dikendarai Agustin Sanjaya memutar balik arah. Saat bersamaan, motor Suzuki Satria nomor polisi PA 6884 RI yang dikendarai Muhammad Hilion berboncengan dengan Lando, melaju kencang dari belakang. Akibatnya, Agustin Sanjaya dan dua temannya, Valention Duma dan Imanuel Lengkong  tertabrak.  “Kelima korban terlempar,” kata Jahja.

Berdasarkan hasil olah TKP ungkap Jahja, kecelakaan dipicu kurang hati-hatinya pengendara Mio yang memutar balik arah bukan pada tempatnya. “Pengendara Mio diduga lalai memutar arah bukan pada tempatnya, apalagi jalan itu adalah jalur bebas hambatan,” terangnya. Jahja menambahkan, dua motor yang terlibat kecelakaan telah diamankan di Mapolsek Jayapura Selatan. “Kasus kecelakaan dalam penanganan petugas Unit Lalu Lintas Polsek Jayapura Selatan, barang bukti sudah diamankan,” ujar mantan Kanit Reskrim Polsek Jayapura Utara ini. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed