oleh

Ribuan Siswa Menanti Hasil Ujian Sekolah

-Metro-67 views

*Pengumuman SMP Tanggal 4 dan SD Tanggal 15 Juni

SORONG-Ujian sekolah oleh Satuan Pendidikan telah selesai. Sebanyak Ribuan siswa/i telah mengikuti ujian sekolah dari SD dan SMP se Kota Sorong. Hanya menunggu hasil ujian sekolah diumumkan.

Ditemui di Ruang Kerjanya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong, Petrus Korisano,S.Pd.,M.Pd.,mengatakan, jumlah Sekolah jenjang SD dan SMP se-Kota Sorong yang mengikuti ujian sekolah, yaitu Untuk SD Negeri dan Swasta jumlahnya ada 73 sekolah kemudian peserta ujiannya 3.650 siswa. Kemudian SMP Negeri dan Swasta dengan jumlah sekolah total 33 dan peserta ujian 3.166 siswa.

Ia menjelaskan, dalam penyelenggaraan Paket A jumlahnya 61 peserta ujian. Paket B jumlah peserta ujian 139 orang, dan Paket C jumlah pesertanya 245 orang, dengan tempat penyelenggaraan di PKBM Nusa Indah, PKBM Tangkas, PKMB Sukoba dan PKBM Nani Bili.

Lanjutnya, Pengumuman ujian oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan penetapannya dilakukan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan.

Korisano juga mengatakan untuk tanggal pengumuman kelulusan Untuk SMP dan Paket B diumumkan pada tanggal 4 Juni 2021. Sementara untuk  SD dan Paket A diumumkan pada tanggal 15 Juni 2021. “Jadi ujian diselenggarakan oleh sekolah, kemudian penentuan ujian kelulusan pun ditentukan oleh sekolah. Hanya menunggu pengumuman hasil ujian,” jelasnya kepada Radar Sorong.

Diungkapkannya, untuk tanggal penulisan dan penerbitan ijazah untuk SD dan Paket A pada tanggal 16 Juni. Untuk SMP dan Paket B pada tanggal 5 Juni 2021.

“Dulu pengumuman kelulusan dan penulisan ijazah bersamaan, tetapi sekarang berbeda. Setelah pengumuman kelulusan kemudian penulisan berita di hari selanjutnya,” katanya.

Sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong, Ia berharap agar siswa siswi yang telah mengikuti ujian, semoga lulus semuanya. Karena ujian dalam masa pandemi ini, tentu banyak kesulitan yang dihadapi oleh orang tua, dani oleh anak-anak sendiri terutama dalam pelajaran. 

“Selama setahun kita belajar hanya melalui online atau secara daring. Kita harapkan ujian akhir yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan ini agar anak-anak kita semua bisa lulus. Supaya anak-anak dan orang tua punya beban dan tanggung jawab terlepas. Selanjutnya melalui media Radar Sorong ini, Bapak berpesan kepada anak-anak untuk melanjutkan sekolahnya ke tingkat yang lebih tinggi dari yang lulus SD lanjutkan ke SMP dan yang lulus SMP lanjut ke SMA. Supaya masa depan anak-anak itu cerah dan gilang gemilang,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Ujian Sekolah Kota Sorong, Jacob Haurisa menambahkan bahwa Ujian yang diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong dari jenjang SD dan SMP serta program pendidikan kesetaraan paket A, paket B dan dan paket C telah selesai.

“Untuk tingkat SMP sudah dilaksanakan sejak tanggal 6, 7 dan 8 April. Kemudian SD tanggal 8, 9 dan 12 April. Begitu pula dengan paket a, b dan c sudah selesai dilaksanakan dan tinggal menunggu pengumuman kelulusan,” pungkasnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed