oleh

Rekrutmen DPRPB Jalur Otsus Tunggu Pergub

MANOKWARI – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan Kesbangpol) bersama Biro Hukum Setdaprovinsi Papua Barat saat ini sedang menyelesaikan penyusunan rancangan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang perekrutan anggota DPR Papua Barat melalui mekanisme pengangkatan (jalur Otsus). Kabang Kesbangpol Provinsi Papua Barat, Dr. Baesara Wael,SSos,MM berharap, Pergub segera ditandatangani gubernur sebagai dasar pelaksanaan seleksi anggota DPR Papua Barat melalui mekanisme pengangkatan. “Sekarang kami dengan Biro Hukum mengharmonisasikan Pergub, setelah itu tahapan seleksi sudah bisa berjalan,” tutur Baesara kepada Radar Sorong, Selasa (15/10).

Dikatakannya, para bupati-walikota se-Papua Barat telah mengirim nama-nama anggota Panitia Penjaringan (Panja) di tingkat kabupaten-kota.  Pembentukan Panja diperkuat dengan surat keputusan (SK) gubernur. Nama-nama calon anggota Pansel (Panitia Seleksi) telah diterima dari DPR PB, MRP, Kejaksaan, gubernur dan perwakilan wartawan.

Sebelum melaksanakan tugas, anggota Panja dan Pansel akan mengikuti bimbingan teknik (Bimtek). “Ya, minggu ini kita harapkan Pergub ditandatangani setelah itu kita lakukan bimbingan teknik,” tandasnya. Baesara menjelaskan, lima anggota Pansel ditentukan oleh DPR PB yang menunjuk seorang akademisi, MRP menunjuk tokoh adat, Kejaksaan Tinggi, gubernur menunjuk salah seorang pejabat eselon II, serta dari unsur wartawan.

Kabankesbangpol berharap, Kesbangpol dapat mendukung pelaksanaan seleksi calon anggota DPRPB mekanisme pengangkatan periode 2019-2024. Sebelum masa jabatan anggota DRPD dari jalur Otsus periode 2015-2020 yang akan berakhir 21 Januari, seleksi anggota yang baru sudah dituntaskan. Proses penjaringan calon anggota DPRPB mekanisme pengangkatan dimulai dari kabupaten/kota. Panja akan melakukan seleksi. Hasil seleksi di tingkat kabupaten/kota, 3 nama akan dikirim ke Pansel. “Kita harapkan seleksi selesai November. Mudah-mudahan tidak ada kendala. Kalau molor berarti kita revisi jadwal lagi,” ucapnya.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed