Rekomendasi Kuliner Khas Surabaya yang Sayang Dilewatkan!

radarsorongnews.com – Surabaya, merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Kota yang terletak di provinsi Jawa Timur ini memiliki begitu banyak keotentikannya dan ciri khas yang tidak bisa ditemukan di kota manapun. Salah satu daya tarik yang menjadikan kota ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan, adalah kulinernya. Yap, rekomendasi kuliner khas Surabaya senantiasa menjadi patokan utama untuk mencari pengalaman lebih seru jika sedang berkunjung ke kota yang satu ini. 

Surabaya selalu menyajikan kuliner lezat dan cita rasa khas yang tidak akan pernah anda temukan pada makanan manapun. Kalaupun bisa, sudah pasti kelezatannya tidak sama. Ada makanan manis hingga gurih yang akan membuat anda tidak pernah lupa akan kota nya. Nah, berkaitan dengan berbagai kuliner lezat dari Surabaya yang selalu diincar oleh kalangan wisatawan asing maupun lokal, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan lebih lengkap tentang rekomendasi kuliner yang sayang untuk dilewatkan dari Surabaya. 

Apa saja kulinernya? Yuk, simak terus artikel ini dan temukan lah tempat kulinernya!

 

Rekomendasi Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

 

Jika berbicara tentang kuliner, sudah pasti Indonesia adalah juaranya. Karena di Indonesia ini, setiap wilayahnya menawarkan cita rasa kuliner yang berbeda-beda. Untuk Surabaya, kulinernya identik dengan makanan berkuah. Namun soal rempahnya, tidak pernah meragukan sedikitpun. 

Justru rasa otentik dari kuliner tersebut lah yang selalu membuat para wisatawan lokal hingga asing sulit melupakan kota Surabaya ini. Surabaya bukan hanya dikenal sebagai Kota Pahlawan saja, melainkan kulinernya yang sangat lezat. Berikut, adalah rekomendasi kuliner lezat dan otentik dari Surabaya yang tidak boleh anda lewatkan sedikitpun:

 

  1.     Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Lontong Balap Garuda Pak Gendut (Sumber Foto : lontongbalap-aslipakgendut)

Rekomendasi kuliner otentik dan lezat dari Surabaya di urutan pertama ini, adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lontong balap, merupakan salah satu makanan tradisional khas Surabaya yang berbahan utama olahan lontong. Lontong, merupakan nasi yang dimasak menggunakan daun pisang dan dibentuk lonjong. Jika biasanya lontong disantap dengan sambal pecel dan gorengan, namun lontong kali ini berbeda. 

Lontong Balap Garuda Pak Gendut, di satu mangkuk atau porsinya terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, kecap, bawang goreng, dan tidak lupa sambal khas nya. Untuk menambah kelezatan yang semakin menampol, kami sarankan agar anda menambahkan topping sate kerang dan segelas es kelapa muda. Untuk menuju lokasi kuliner ini, anda harus menuju Jalan Krangganan No. 60, Sawahan, Surabaya.

 

  1.     Rawon Setan Mbak Endang
Rawon Setan Mbak Endang ciri khas kuahnya hitam (Sumber Foto : dream.co.id)

Setelah Lontong Balap Garuda Pak Gendut, rekomendasi kuliner Surabaya selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan, adalah Rawon Setan Mbak Endang. Rawon, merupakan olahan berbahan utama daging yang memiliki ciri khas kuahnya hitam. Kuah hitam rawon berasal dari suatu rempah yang dinamakan dengan ‘kluwek’. Anda harus tahu, bahwa rawon ini merupakan makanan tradisional khas Surabaya. 

Karena anda sedang berada di kota asalnya, jadi sayang untuk melewatkan cita rasa otentik dari rawon ini. Rawon Setan Mbak Endang, berada di Jalan Embong Malang, Surabaya. Jangan terkejut jika anda berkunjung ke tempat kuliner ini selalu penuh dan antri panjang. Karena, Rawon Setan Mbak Endang adalah pelopor rawon pertama dan legendaris di Indonesia. Disebut dengan “rawon setan” bukan karena cita rasa pedas yang umum diketahui banyak orang. Melainkan tempat kuliner ini hanya buka di malam hari saja.

 

  1.     Zangrandi Ice Cream
Zangrandi Ice Cream pelopor toko es krim terpopuler dan legendaris di Surabaya (Sumber Foto : kompas)

Jika dua kuliner diatas bercita rasa gurih dan lezat, dan mari kita beralih ke makanan manis yang cocok dijadikan dessert alias kuliner pendamping anda. Walaupun es krim bukan lah makanan khas dari Indonesia, tetapi Zangrandi Ice Cream, merupakan pelopor toko es krim terpopuler dan legendaris di Surabaya. 

Di Zangrandi Ice Cream ini, anda bisa menemukan es krim dengan berbagai macam cita rasa yang lezat. Untuk menikmati kuliner manis yang satu ini, tujuan utama anda, adalah Jalan Yos Sudarso No. 15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Anda harus tahu, bahwa Zangrandi Ice Cream telah buka sejak tahun 1933 loh! Tidak heran apabila toko ini selalu direkomendasikan untuk kalangan wisatawan asing maupun lokal.

 

Itulah ulasan tentang rekomendasi kuliner khas Surabaya yang wajib anda coba. Jangan lewatkan satupun kulinernya agar anda bisa merasakan cita rasa lezat dan otentik khas Surabaya!

Previous post Mengulik Transisi Pandemi ke Endemi, Virus yang Tidak Bisa ‘Terbantahkan’!
Next post Berita Terbaru Dunia! Rusia Menyerang Ukraina Menggunakan Rudal, 9 Orang Tewas!