oleh

Ratusan UMKM Terima Stimulus dan Bapok

-Metro-95 views

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai respon atas menurunnya aktivitas masyarakat terdampak Covid-19 khususnya para pelaku UMKM. Sehingga, Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat menganggarkan anggaran APBD tahun 2020 untuk kegiatan yang mendukung pengurangan dampak Covid-19 bagi para UMKM.

Kegiatan tersebut ialah pemberian Bantuan tenda jualan kepada 123 UMKM, 444 bahan pokok makanan serta bantuan dana stimulan kepada 150 kepada pelaku Usaha Mikcro Kecil, Menengah (UMKM) di Kota Sorong. Pemberian bantuan ini diserahkan oleh Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan kepada perwakilan UMKM di Samu Siret, Kantor Walikota Sorong, Kamis 29 Oktober 2020.

Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan mengatakan Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui revisi APBD tahun 2020 telah memprogramkan sejumlah dana yang diperuntukan bagi penanganan kesehatan, program jaringan pengaman sosial serta pemulihan ekonomi Nasional bagi masyarakat terdampak. 

“Kita tidak bisa bantu semua masyarakat, namun kami harapkan baik Pemerintah Pusat, provinsi dan kabupaten/kota sama-sama memiliki tanggung jawab. Agar, semua data bantuan ini dapat dicek sehingga tidak ada tumpang tindih dalam sasaran bantuan,”jelasnya.

Masyarakat penerima bantuan bahan pokok tahap kedua untuk seluruh Papua Barat ini sekitar 82.963 paket, sambung Gubernur Papua Barat Khusus Kota Sorong mendapatkan 21.386 Bapok. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi dalam menyalurkan Bapok dan juga dana stimulan untuk 150 UMKM Kota Sorong dalam bentuk buku tabungan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat, Stevanus Selam mengatakan, bantuan tersebut ialah 123 tenda jualan kepada pelaku UMKM, 150 penerima Stimulus masing-masing mendapatkan Rp 3 juta dan 444 bahan pokok makanan yang akan disalurkan kepada pelaku UMKM.

Selain di Kota Sorong, Gubernur Papua Barat, juga melakukan penyerahan bantuan di Kabupaten Sorong, Sebanyak 8.757 dari 82.963 paket bantuan bahan pokok. Hal ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Gubernur kepada perwakilan masyarakat penerima yang ada di Kabupaten Sorong sebanyak 302 paket.

Gubernur menyebutkan, bantuan tahap pertama sudah selesai dilaksanakan di Kabupaten Sorong dengan total jumlah paket yang sama yakni sebanyak 8.757 paket. Jumlah tahap kedua yang disiapkan sama seperti tahap pertama, ada 8.757 paket.

 “Jangan lihat dari besar kecilnya apa yang kita berikan, tetapi harapan kami paling tidak apa yang kami berikan ini bisa sedikit mengurangi beban kehidupan masyarakat yang sulit akibat pandemi ini. Saya juga minta agar bantuan ini disalurkan secara tepat sasaran, karena semuanya nanti ada pertanggungjawabannya,” tandas gubernur. (ayu/juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed