oleh

Ratusan Sertifikat Program Daerah Diserahkan

-Metro-143 views

SORONG-Wali Kota Sorong, Drs.Ec.Lambert Jitmau,MM mengatakan Penyerahan sertifikat program daerah (proda) kepada warga Kota Sorong, rumah ibadah, fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan.  

Menurutnya, melihat pentingnya alas hak berupa sertifikat sebagai dasar hukum kepemilikan suatu objek tanah atau bangunan, dan menyadari bahwa masih banyak warga, rumah ibadah, aset pemerintah yang belum memilikinya sehingga menyebabkan kerentanan terhadap sengketa di masa yang akan datang. 

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Pemerintah Kota Sorong berinisiatif membuat kegiatan sertifikasi program daerah atau proda. hal ini guna memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada seluruh warga, rumah ibadah, aset pemerintah yang ada di Kota Sorong,” katanya. 

Dikatakannya, Proda ini akan diupayakan menjadi program rutin pemerintah kota sorong melalu! dinas pertanahan kota sorong pada setiap tahunnya. 

Ditambahkannya, tanah merupakan salah satu aset kita semua, yang harus dapat kita kelola secara aman tanpa adanya persengketaan yang mungkin saja terjadi. Inilah fungsi dari program pemerintah Kota Sorong yang merupakan program strategis daerah, ini berfungsi untuk mengurangi sengketa tanah yang terjadi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk diketahui sertifikat tanah ini tentu sangat penting sebagai dasar bukti kepemilikan tanah yang sah serta memberi kepastian hak atas kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum. 

“Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. UUD 1945 Pasal 33 (3). Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Termasuk warga Kota Sorong dan adik-adik wartawati yang cantik-cantik ini,”katanya.

Kepala Dinas Pertanahan Kota Sorong, Anhar Akib Kadar, S.STP.,M.Si mengatakan, pelaksanaan penerbitan sertifikat tanah program daerah tahun 2020 yaitu dilakukan dalam rangka penataan dan pengamanan aset milik Pemerintah Kota Sorong serta untuk membantu pengurusan hak atas tanah milik warga Kota Sorong dan rumah-rumah ibadah di wilayah Pemerintah Kota Sorong, maka Wali Kota Sorong mengambil kebijakan strategis dengan melaksanakan program daerah penerbitan sertifkat tanah aset pemerintah Kota Sorong, Sertifikat Tanah milik warga Kota Sorong dan Sertifikat Tanah Rumah-rumah ibadah yang berada di wilayah pemerintah kota Sorong. 

“Program ini menjadi salah satu program strategis bapak Walikota Sorong karena Warga Kota Sorong sangat terbantu dengan jelasnya status tanah yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan terhindar dari konflik/masalah tanah, begitupun dengan rumah-rumah ibadah baik gereja, masjid, pura dan vihara, dengan adannya sertifikat tanah maka para jemaat/jamaah dapat membangun rumah ibadah dengan representatif dan dapat menjalankan peribadatan dengan tenang dan nyaman,” jelasnya.

Adapun permohonan yang masuk kepada Pemerintah Kota Sorong melalui Dinas Pertanahan Kota Sorong dengan rincian gereja ada 45 yang dapat diproses sertifikat sebanyak 4 sertifikat,  masjid ada 8 yang dapat diproses sertifikat sebanyak 4 sertifikat, kemudian kepada Warga ada 158 pengajuan yang dapat diproses sertifikat sebanyak 158 sertifikat .

“Sedangkan Aset milik Pemerintah Kota Sorong yang telah dimohonkan kepada Kepala Kantor Pertanahan Kota Sorong sebanyak 45 Bidang namun yang dapat diproses hingga diterbitkannya Sertifikat Hak Pakai sebanyak 25 Sertifikat,”bebernya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed