oleh

Ratusan Sembuh Berstatus OTG

Tingkat kesembuhan penderita Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) di Kota SOrong melonjak tajam setelah pada Selasa (13/10) sebanyak 730 orang dinyatakan sembuh. Ke-730 orang sembuh ini sebelumnya berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) positif Covid-19 yang telah menjalani masa karantina mandiri. Ratusan OTG ini dinyatakan sembuh berdasarkan hasil analisa dari Tim Surveilance Tim Gustu Covid-19 Kota Sorong.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong, Ruddy R. Laku mengumumkan hasil sembuh positif  Covid-19  meningkat secara tajam yakni 730 orang, sehingga total kasus sembuh menjadi 1.270 orang, atau tingkat persentase kesembuhan Covid-19 di Kota Sorong mencapai 93,9 persen. “Ratusan orang yang dinyatakam sembuh ini merupakan OTG yang melakukan karantina mandiri di rumah,” kata Ruddy Laku kepada wartawan, Rabu (14/10).

Ruddy mengatakan, kesembuhan OTG ini berdasarkan hasil analisa dari Tim Surveilane Tim Gustu Covid-19 Kota Sorong, dimana ratusan orang tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 yang sudah lama dan tidak memiliki gejala, serta telah menjalani karantina mandiri. “Mereka ini tidak ada gejala sehingga dinyatakan sembuh, karena sesuai Keputusan Menkes, penderita Covid-19 yang berstatus OTG dan sudah menjalani karantina selama 10 hari dinyatakan sembuh. Sedangkan jika ada gejala akan menjalani karantina selama 13 hari dan dinyatakan sembuh,” terang Ruddy Laku.

Berdasarkan pedoman penanganan Covid-19 terbaru yang didasarkan pada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tertanggal 13 Juli 2020, pasien Covid-19 yang berstatus OTG dan bergejala ringan, tidak perlu dites swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) ulang. Mereka cukup menjalani isolasi mandiri selama 10 hari, sejauh tidak ada pemburukan, dokter bisa menyatakan yang bersangkutan sembuh.

Sementara itu, Gustu Covid-19 menerima hasil pemeriksaan 24 sampel dari Balitbangkes Makassar dan keseluruhannya positif, sehingga penambahan kasus positif di Kota Sorong berjumlah 1.352 orang. Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu 300 sampel yang sedang diproses di Balitbangkes Makassar “Ada penambahan 1 orang meninggal positif Covid-19, sehingga total kasus meninggal akibat positif Covid-19 di Kota Sorong bertambah menjadi 20 orang, dan juga  tambahan satu orang probable yang meninggal dunia,  sehingga meninggal probable bertambah 5 orang,” kata Ruddy. Jumlah sampel yang diperiksa sebanyak 5.333 sampel, sedangkan OTG yang dikarantina di Kampung Salak sebanyak 43 orang. (Juhra Nasir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed