oleh

Ratusan Karton Barang Kedaluwarsa Dimusnahkan

-Metro-237 views

SORONG-Dalam rangka mendukung dan mentaati aturan dari Pemerintah Kota Sorong, PT Irian Jaya Sehat Sorong, salah satu distibutor di Kota Sorong melakukan pemusnahan barang kedaluwarsa. Pemusnahan bertempat di TPA Makbon, Selasa (31/8) yang disaksikan Dinas Perdagangan Kota Sorong, Perekonomian dan Sumber Daya Alam (Parekda) Kota Sorong, Satpol PP, dan PT.Mondelez Indonesia.

“Awalnya pada bulan Mei sebelum menyambut hari Raya Idul Fitri, kami mendatangi salah satu Distributor PT.Irian Jaya Sehat Sorong yang ada di Jalan Basuki Rahmat NN. Nah, ditemukan ada barag kedaluwarsa, pada saat itu kami sampaikan barang-barang tersebut harus dimusnahkan dan kalau dimusnahkan bersurat kepada kami pemerintah, mengundang kami untuk kita bersama-sama menyaksikan pemusnahkan tersebut,” terang Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kota Sorong, Milan E.F Latumeten,S.STP, kepada Radar Sorong di ruang kerjanya, Selasa (31/8).

PMB OPBJJ-UT Sorong

Ia menyebutkan, PT.Irian Jaya Sehat Sorong, sudah melakukan pemusnahan sebanyak dua kali, yang pertama memusnahkan biscuit dan air mineral. Dan dengan hari ini (31/8). Sehubungan dengan adanya bahan makanan yang expired dan rusak pada Gudang PT.Irian Jaya Sehat Sorong. Pada tanggal 31 Agustus dilakukan pemusnahan pada produk Keju Kraft Cheddar 165Gx48 sebanyak 404 dus/kartun. Dimusnahkan di tempat pembuangan akhir Makbon. Disaksikan pemerintah dan penyedia barang yakni PT.Mondelez Indonesia.

Dirinya juga menegaskan, jika distributor melakukan pemusnahan barang kadaluwarsa maka wajib menyurati, dan melibatkan pemerintah daerah guna menjadi saksi dalam pemusnahan tersebut. Jika tidak maka pengusaha atau distributor tersebut akan diberi teguran.

“Iya wajib, karena ada Undang-undang yang mengatur tentang itu. Kedepannya kami akan turlap lagi, dan sosialisasi kepada mereka. Karena ada sanksi tegas seperti surat pernyataan yang mereka harus buat. Karena ada salah satu distributor yang telah kami tegur dan mereka membuat surat pernyataan dan mereka telah datang menandatangani di atas materai. Jika melanggar maka usahanya akan ditutup, ijinnya akan dicabut,” tegasnya.

Milan, juga mengatakan Sejauh ini hanya Gudang PT Irian Jaya Sehat Sorong, yang melaporkan dan melibatkan Pemerintah Daerah untuk menyaksikan pemusnahan barang atau produk kedaluwarsa. “Sejauh ini selain gudang PT Irian Jaya Sorong belum ada yang melapor untuk melakukan pemusnahan. Mudah-mudahan kedepan akan diikuti dengan distributor-distributor yang lain,” ujarnya. (zia) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed