oleh

Ramadan Mengokohkan Semangat Amal

Oleh : Agung Sibela, S.Ag.*

Diriwayatkan bahwasanya Nabi Musa a.s bermunajat kepada Allah SWT dan berkata ­“Wahai Ya Allah adakah Engkau muliakan seseorang sebagaimana Engkau muliakan aku dengan langsung ­mendengar kata-kataMu?”.  

Allah SWT berfiman : “Wahai Musa sesungguhnya aku mempunyai hamba-hamba yang aku keluarkan pada akhir zaman, maka Aku muliakan mereka dengan bulan Ramadan, dan Aku lebih dekat kepada mereka dari padamu. Sesungguhnya ketika Aku berbicara denganmu, diantara kita ada tujuh puluh ribu hijab (penutup). Jika berpuasa umat Muhammad memutih bibir mereka menahan haus, menguning dan pucat warna kulit mereka karena menahan lapar, maka Aku angkat hijab tersebut ketika berbuka puasa. Wahai Musa, beruntunglah bagi orang yang haus dan lapar perutnya pada bulan Ramadan, tidaklah ada ganjaran bagi mereka kecuali pertemuanKu”. (Tanbiihul Ghaafiliin).

Ketahuilah bahwa tercapainya cita-cita dan harapan kita dapat menyenangkan hati kita. Demikian pula tibanya hari-hari yang menggembirakan dapat menyenangkan hati kita. Karena itu kegembiraan yang tak terungkapkan adalah perjumpaan dengan bulan Mubarak, sebagai anugerah yang sangat agung bagi orang-orang hidup. 

Kaum salaf terdahulu selalu merindukan datangnya bulan Ramadan, karena sesungguhnya bulan Ramadan adalah kesempatan untuk menggapai ampunan Allah. Hal ini bermakna bahwa nilai serta keutamaan dari Bulan Ramadan sesungguhnya hampir tak bisa diukur, bahkan dengan neraca tercanggih sekalipun. Pertanyaannya bagaimana dengan kita yang menyambut datangnya Ramadan, jangan-jangan banyak diantara kita yang bersungut dan mengeluh karena alasan banyak mengurangi makan atau aktivitas lainnya. Na’udzubillahi tsumma na’udzubillah.

Sementara dalam sabda Nabi Muhammad SAW : Sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan malaikat-malaikat yang mempunyai empat wajah, dari wajah satu ke wajah lainnya seukuran perjalanan satu tahun, dengan wajahnya malaikat-malaikat itu sujud dan berkata dalam sujudnya : “Maha suci Engkau (Allah) dengan segala keindahanmu”, dengan wajahnya malaikat itu melihat neraka jahannam dan berkata: “Celakalah bagi yang masuk kedalamnya”, dengan wajahnya melihat ke surga dan berkata: “Beruntunglah bagi yang masuk kedalamnya”, dengan wajahnya melihat Arsy Rahmaan dan berdoa : “Ya Allah kasihilah dan jangan engkau azab orang-orang dari umatnya Nabi Muhammad SAW yang berpuasa pada bulan Ramadan”.

Dari Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib r.a bahwasanya beliau berkata: “Rasululullah SAW ditanya tentang keutamaan bulan sholat Tarawih di bulan Ramadan, maka Rasulullah SAW bersabda:  “Pada malam pertama, keluar orang mu’min dari pada dosa- dosanya seperti ketika pertama keluar dari perut ibunya. Pada malam kedua, diampuni kedua orang tuanya jika kedua orang tuanya mu’min. Pada malam ketiga, berseru malaikat dari bawah ‘Arsy ; “Telah mulai segala amal perbuatan, Allah SWT telah mengampuni dosa-dosa kalian yang telah lalu. Pada malam keempat, Allah SWT memberikan pahala seperti orang yang membaca kitab Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Qur’anul Karim.

Pada malam kelima, Allah SWT, memberikan pahala eperti orang yang sholat di Masjidil Haram, Masjid Al-Madinah Munawwarah, dan Masjidil Aqsha. Pada malam keenam, Allah SWT memberikan pahala seperti makhluk yang thawaf di Baitul Ma’mur, beristighfar untuknya bebatuan dan debu. Pada malam ketujuh, Seperti hidup pada zaman Nabi Musa a.s dan ikut membantunya berjuang menghadapi Fir’aun dan Hamman. Pada malam kedelapan, Allah SWT memberikannya seperti apa yang diberikan kepada Nabi Ibrahim a.s. Pada malam kesembilan, Seperti ibadah layaknya ibadah seorang Nabi. 

Pada malam kesepuluh, Allah SWT memberikannya Rizqi kebaikan Dunia dan Akhirat. Pada malam kesebelas, Keluar dari Dunia seperti keluar dari perut ibunya. Pada mala kedua belas, Datang pada hari kiamat denga wajah bersinar seperti Bulan Purnama. Pada malam ketiga belas, Datang pada hari kiamat dengan aman dari sgala keburukan. Pada malam kelima belas, Para malaikat, Malaikat penopang ’Arsy dan Kursi berdoa untuknya. Pada malam keenam belas, Allah SWT menuliskannya sebagai orang yang bebas dari api neraka dan bebas masuk untuk Surga. 

Pada malam ketujuh belas, Diberikan pahala seperti pahala para Nabi. Pada malam kedelapan belas, Berseru Malaikat, ”Wahai hamba Allah, Allah SWT telah ridho kepadamu dan kedua orang tuamu. Pada malam kesembilan belas, Allah SWT mengangkat derjatnya didalam Surga Firdaus. Pada mala kedua puluh, Diberikan pahala seperti para Syuhada dan Shalihin.

Pada malam kedua puluh satu, Dibangunkan rumah terbuat dari cahaya di dalam surga. Pada malam kedua puluh dua, Datang pada hari kiamat dengan aman dari kesusahan dan kegundahan. Pada malam kedua puluh tiga, Allah SWT membuatkan kota untuknya didalam surga. Pada malam kedua puluh empat, Mendapatkan dua puluh empat doa-doa yang di istijabah oleh Allah SWT. Pada malam kedua puluh lima, Allah SWT mengangkat darinya Azab kubur. 

Pada malam kedua puluh enam, Allah SWT mengangkat  pahalanya empat puluh tahun. Pada malam  kedua puluh tujuh, Berjalan diatas Asshiraat (jembatan menlintasi neraka jahanam) seperti cepatnya kilat menyambar. Pada malam kedua puluh delapan, Allah SWT, mengangkat seribu derajatnya didalam surga. Pada malam kedua puluh sembilan, Allah SWT memberikannya pahala seperti pahala seribu ibadah haji maqbulah (diterima). 

Pada malam ketiga puluh, Allah SWT berfirman: ”Wahai hambaku makanlah buah-buahan yang ada di dalam surga, mandilah dengan air Salsabil (yang mengalir didalam surga), minumlah dari telaga Alkautsar (Telaga Nabi SAW didalam surga dalam riwayat lebih putih dari susu, lebih manis dari madu, barang siapa yang meminumnya seteguk saja maka tidak akan terasa haus selama-lamanya), Aku-lah tuhanmu dan kamu adalah hamba-Ku”

Adalah sebuah janji dari Yang Maha menepati janji, bertemu dengan orang-orang yang kita cintai saja sudah betapa besar gembiranya kita lalu bagaimana lagi bila nantinya kemuliaaan itu kita peroleh. Wallahu’alam bissawab. (***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed