oleh

Ramadan dan Idul Fitri, Stok Beras Aman

-Ekonomi-74 views

**Perum Bulog Sorong Datangkan 3.500 Ton Beras dari 3 Provinsi

SORONG – Menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1442 hijriah, Perum Bulog Sorong memastikan bahwa kondisi dan ketersediaan beras dan gula aman selama 3,5 bulan ke depan. Masyarakat diimbau untuk tidak khawatir dengan ketersediaan stok beras karena Perum Bulog Sorong siap mendistribusikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan beras dan gula pasir.
Pimpinan Cabang Perum Bulog Kator Cabang Sorong, Rendy Ardiansyah, mengatakan, menjelang bulan puasa dan lebaran, Perum Bulog Sorong telah menyediakan stok sebanyak ribuan ton beras dari 3 daerah yaitu dari Papua, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Sehingga dipastikan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
“Dari tahun-tahun kemarin menjelang puasa dan lebaran, itu kita sudah siapkan stok untuk momen hari besar tersebut, posisi stok kita saat ini 2 gudang terisi sekitar 2.000 ton. Di dalam perjalanan 1.500 ton, terinci 500 ton dari Merauke, 250 ton dari Surabaya 750 ton dari Makassar. Stok 3.500 ton cukup untuk 3,5 bulan ke depan,” ungkapnya ketika menyambangi Gudang Perum Bulog Sorong.
Lanjutnya, Perum Bulog Sorong memastikan hingga selesai Idul Fitri pun stok beras masih aman. Kemudian Peru Bulog Sorong juga menangani beberapa wilayah yaitu Kota Sorong, Raja Ampat, Tambrauw, Sorong Selatan, dan Maybrat, untuk pendistribusian beras termasuk beras Public Service Obligation (PSO) yang didistribusikan kepada golongan anggaran yaitu PNS, TNI, Polri, dan untuk Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) seperti operasi pasar.

“Untuk Puasa hingga Lebaran juga lebih masih aman. Untuk menangani 4 kabupaten, 1 kota. Apalagi sekarang pelayanan beras PNS sudah mulai disalurkan ke Kota Sorong, Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Sorsel, Kabupaten Maybrat dan Raja Ampat,” katanya.
Ia juga menambahkan bahwa harga beras Bulog relative terjangkau dan masih sama seperti sebelumnya. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan harga beras Bulog jelang bulan puasa dan lebaran nanti. “Beras PSO Rp10.769/kg dan beras komersil Premium Rp 11 ribu/kg,” ujarnya.
Dia juga mengatakan bahwa Perum Bulog selain menyediakan beras, Bulog juga menyediakan Gula Pasir yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat se-Sorong Raya. “Stok gula ada 100 ton yang bisa mencukupi hingga 3 kedepan. Harga gula Rp12.500/kg. Masyarakat tidak perlu panik karena stok pangan untuk 3,5 bulan cukup aman karena seperti biasanya, Bulog siap support berapa pun kebutuhan beras di masyarakat,” pungkasnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed