oleh

Putra Maybrat Resmi Jabat Rektor Unipa

MANOKWARI – Putra Maybrat, Dr.  Meky Sagrim, SP, MSi memimpin Unipa (Universitas Papua) Manokwari. Dia dilantik sebagai Rektor Unipa periode 2020-2025 oleh Sekjen Kemendikbud Prof. Ainum Na’im PhD secara virtul melalui video teleconference. Dr.  Meky Sagrim,SP,MSi dan tamu undangan berada di auditorium Unipa, sedangkan Sekjen Kemendikbud berada di kantor Kemendikbud.

Hadir pada pelantikan ini, Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan, Wakil Ketua DPR Papua Barat H. Saleh Siknun, SE, Plh Bupati Manokwari Drs. Edi Budoyo, Dansat Brimob Polda Papua Barat Kombes Pol Semmy Ronny Thabaa, Senat Unipa serta para dosen. Saat bersamaan, Sekjen Kemendikbud juga melantik Rektor Universitas Negeri Makassar dan Rektor Universitas Maritim Ali Haji, Kepulauan Riau.

Usai pelantikan, langsung dilakukan serahterima jabatan rektor dari Dr. Ir. Yacobus Manusawai, MSi kepada Dr.  Meky Sagrim,SP,MSi. Sekaligus juga Dr. Ir. Yacobus Manusawai menyerahkan jas rektor dan mobil dinas berplat nomor PB 7. 

Sekjen Kemendikbud meminta kepada 3 rektor yang baru dilantik untuk mengembangkan pendidikan demi kemajuan perguruan tinggi yang dipimpin. Pengembangan pendidikan harus senantiasa mengikuti perkembangan zaman. “Dunia pendidikan harus dapat memberikan peluang kepada mahasiswa untuk berkreasi dan berpartisipasi aktif dalam memajukan dunia pendidikan,” katanya.

Sekjen Kemendikbud lebih lanjut mengatakan, pendidikan tinggi sangat berperan besar dalam pembangunan watak manusia dan peradaban bangsa. “Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tetap memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan,” tuturnya. “Kami berharap ketiga rektor yang baru dilantik ini dapat melanjutkan kegiatan akademisi di perguruan tinggi yang dipimpin,” sambung Prof. Ainum Na’im PhD sambil mengajak tamu undangan yang hadir memancatkan doa supaya wabah Covid-19 segera berakhir.

Meky Sagrim meminta dukungan para dosen dan civitas akademika Unipa untuk terus mengembangkan perguruan tinggi ini agar semakin baik. Menurutnya, tugas seorang rektor sangat berat, banyak hal yang harus dilaksanakan. “Oleh karena  itu, mari kita semua satukan kekuatan dan pikiran untuk membangun universitas yang kita cintai dan banggakan ini,” ujar Sagrim.

Transformasi dan daya saing mutlak dilakukan Unipa agar menjadi perguruan tinggi berdaya saing. Demi perbaikan Unipa, Meky Sagrim siap berdiskusi dengan siapa saja. “Saya membuka ruangan kantor bagi siapa saja. Kapan pun saya siap untuk menerima yang datang. Saya akan kelola Unipa secara transparan,” tandasnya.

Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan menyampaikan selamat kepada Dr. Meky Sagrim,SP,MSi yang dilantik sebagai Rektor Unipa periode 2020-2025. Dia berharap rektor selalu berkomunikasi dengan pemerintah daerah untuk kemajuan daerah termasuk dunia pendidikan di Papua Barat. Gubernur menuturkan, pemerintah daerah punya tanggung jawab untuk mendukung perguruan tinggi. “Apa yang menjadi tanggung jawab pemerintah Provinsi Papua Barat demi kemajuan Unipa kami akan berikan terutama dalam penyelesaian hak ulayat,” tuturnya.

Termasuk yang mendapat bantuan dari Pemprov Papua Barat dan kabupaten/kota adalah pendukung pengoperasian Fakultas Kedokteran yang berpusat di Sorong. Setiap tahun Pemprov Papua Barat mengalokasikan anggaran cukup besar. “MoU  yang sudah kita tandatangani untuk pengoperasikan Fakultas Kedokteran tetap berjalan,” ucap Gubernur kepada wartawan usai pelantikan. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed