oleh

PT Belibis Sepi Penumpang

-Ekonomi-49 views

Satu semester sudah duka merundung PT Belibis akibat turunnya penjualan tiket setelah dihampiri badai covid-19 sejak Maret lalu. PT Belibis yang bergerak di bidang jasa pelayanan transportasi laut yang amat dekat dengan dunia pariwisata kini hanya mampu menjual sekitar 30% tiket jika dibandingkan dengan kondisi normal. Hal ini diungkapkan oleh Usman selaku Kepala Cabang PT Belibis.
Menurutnya, turunnya presentase jumlah penjualan tiket selain dipengaruhi oleh rasa was-was di hati masyarakat terutama saat melakukan perjalanan, hal ini juga karena adanya kebijakan dari Pemerintah Daerah Raja Ampat yang memang membatasi akses sejak meningkatnya angka positif covid-19 disana.
Selain Raja Ampat, yang sampai kini aksesnya masih sulit ditembus adalah Bintuni. Pemerintah daerah setempat dikabarkan telah memperpanjang karantina wilayah pada 15 September hingga 15 Oktober mendatang.
Saat ini PT Belibis hanya melayani rute Sorong-Waisai dengan intensitas yang kecil, hnya sekali dalam seminggu. Sehingga armada kapal yang beroperasi harus digilir.
”Sekarang kita setiap hari Minggu berangkat rute Sorong-Waisai dan sebaliknya. Tapi kapal bergilir gantian supaya adil dan tidak ada kapn yang mogok,” ujar Usman.
Satu armada kapal membawa sekitar 10-13 ABK yang telah dijamin keaehatannya. ABK rutin melakukan rapid tes setiap 2 Minggu sekali untuk memastikan kondisi kesehatannya. Rata-rata penumpang yang masih setia menggunakan jasa PT Belibis sampai saat ini hanyalah masyarakat lokal saja.
Untuk menarik lagi minat masyarakat, PT Belibis juga telah bekerjasama dengan salah satu klinik untuk menyediakan fasilitas rapid tes dengan harga lebih terjangkau.
”Untuk penumpang kami, bisa sekalian ambil paket rapid tes murah Rp 175.000 saja,” kata Usman.
Dengan adanya penawaran ini, pihaknya berharap bisa kembali mendongkrak sedikit demi sedikit penjualan tiket PT Belibis. Dirinya berharap pemerintah juga bisa ikut berperan dengan pengambilan kebijakan yang tepat sehingga roda perekonomian bisa terus berputar. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed