oleh

PSU 20 TPS di 4 Kabupaten

MANOKWARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan PSU (Pemungutan Suara Ulang) di 20 TPS pada 4 kabupaten. Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Paskalis Semunya,SSos menjelaskan, KPU melaksanakan PSU atas rekomendasi Bawaslu.

KPU Provinsi Papua Barat lanjut Paskalis, sedang melakukan supervisi ke KPU kabupaten untuk pelaksanaan PSU. Adapun rincian PSU, di Manokwari 16 TPS semuanya di Distrik Manokwari Barat yang akan dilaksanakan pada Rabu (16/12), di Sorong Selatan 1 TPS telah dilakukan, di Raja Ampat 1 TPS dan di Bintuni 2 TPS. Pelaksanaan PSU di Raja Ampat dan Teluk Bintuni sedang dikoordinasikan, sampai kemarin belum ditetapkan waktunya. 

“Rencana PSU 1 TPS di Raja Ampat dan 2 TPS di Teluk Bintuni, hari ini (Senin, 14/12) koordinasi terakhir untuk mematangkan kesiapan. Tugas KPU adalah melaksakan rekomendasi Bawaslu,” kata Paskalis Semunya kepada Radar Sorong melalui sambungan telepon seluler, kemarin.

Kepada KPU  kabupaten yang melaksanakan PSU, Paskalis meminta agar menunda pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten. “KPU kabupaten berkoordinasi kembali untuk mempersiapkan PSU sesuai rekomendasi Bawaslu,” tuturnya.

 KPU RI dan KPU Provinsi Papua Barat saat ini juga sedang melakukan supervisi. Dari 9 kabupaten  yang melaksanakan Pilkada serentak 9 Desember 2020, baru KPU Pegunungan Arfak yang sudah melaksanakan rapat pleno. KPU Manokwari Selatan (Mansel) lanjut Paskalis, menjadwalkan menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pada Selasa (15/12), hari ini.

Paskalis mengatakan, rekomendasi Bawaslu tentang pelaksanaan PSU wajib dilaksanakan KPU sepanjang belum dibatalkan. “Bila tak dilaksanakan maka itu berlanjut pada konsekuensi kepada teman-teman KPU di kabupaten,” tandasnya. 

Dia meminta dukungan masyarakat agar pelaksanaan PSU dapat berjalan lancar dan aman. Bila ada pasangan calon dan pendukung merasa tidak  puas dapat mempersiapkan bukti-bukti untuk diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Juga kepada teman-teman jurnalis mohon kiranya menyampaikan informasi yang menyejukkan. Kita semua menghendaki suasana tetap kondusif,” harapnya.

Terkait rencana PSU di 20 TPS, Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Adam Erwindi mengatakan Polda Papua Barat siap mengamakan. Pola pengamanan akan dilakukan penebalan personel pada TPS yang melaksanakan PSU. “Tentu kita kepolisian siap mengamankan kembali pelaksanaan pemungutan suara,” kata Adam Erwindi. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed