oleh

Prajurit Pasmar 3 Tanam 1000 Bibit Mangrove

-Metro-759 views

SORONG – Prajurit Pasukan Marinir 3 (Pasmar 3) bersama-sama elemen masyarakat Katapop Pantai menanam 1000 bibit mangrove  dengan tema “Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita”, dalam rangkaian Hari Ulang Tahun TNI ke-74 tahun 2019, dipimpin oleh Wakil Komandan Pasmar 3 Kolonel Marinir Soeharijadi, SE, mewakili Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos, MM, bertempat di Katapop Pantai, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Senin (7/10).

 Dalam amanatnya, Danpasmar 3 yang dibacakan oleh Wadan Pasmar 3 menyampaikan diantaranya bahwa dari sisi fisik, mangrove berakar banyak dan batangnya kokoh mampu mencegah bahaya tsunami, ombak dan abrasi air laut. Dari sisi ekologi, hutan mangrove mampu berfungsi sebagai filter polusi air dan udara karena dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur/limbah dan menyerap polutan/asap dari udara.

 Hutan mangrove juga sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya. Dari sisi ekonomi, mangrove menghasilkan kayu untuk bahan bangunan dan arang serta menghasilkan buah/biji yang dapat dibuat berbagai panganan atau minuman. Kulit, batang, maupun daun mangrove sangat baik untuk bahan baku pewarna batik. Selanjutnya keberadaan hutan mangrove berpotensi sangat besar untuk dikembangkan menjadi wisata alam. 

Sebelum penanaman mangrove dimulai terlebih dahulu dilaksanakan penyerahan bibit mengrove secara simbolis oleh Wadan Pasmar 3 Kolonel Marinir Soeharijadi, S.E. dan Bupati Sorong DR. Johny Kamuru, SH, M.Si kepada Prajurit Marinir dan warga masyarakat Katapop Pantai.

Kegiatan tersebut, dalam rangka melestarikan hutan mangrove, sekaligus memperingati HUT TNI ke-74 Tahun 2019, TNI melaksanakan penanaman mangrove serentak di 74 titik di seluruh Indonesia yang dilaksanakan kemarin, dengan jumlah total bibit mangrove yang ditanam berjumlah 300.074 bibit, dan khusus di Pasmar 3 menanam sebanyak 1000 bibit mangrove. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Sorong DR. Johny Kamuru, SH, M. Si, Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, S.Sos, M.Si, Para Asisten Danpasmar 3, Para Dankolak/Dansatlak Pasmar 3, Para pejabat Forkopimda Kabupaten Sorong dan Pengurus Jalasenastri Korcab Pasmar 3.(***/akh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed