oleh

PPDP Temukan Data Penduduk tak Valid

KAIMANA – Belum lama ini, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Kaimana, telah melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) daftar pemilih Pilkada Kaimana tahun 2020, pada 9 Desember mendatang.
Dalam pelaksanaan Coklit yang dilakukan secara serentak, PPDP menemukan adanya ketidak validan data pemilih. Temuan tersebut ditemukan, dibeberapa kampung di Kaimana. Persoalan ketidak validan data tersebut, perlu memdapat perhatian OPD terkait guna mengatasinya.
“Pada saat melakukan Coklit disetiap Distrik, PPDP kami menemukan adanya data penduduk yang tidak valid. Temuan ini, jika tidak ditindaklanjuti maka pasti akan berpotensi konflik pada saat pemilihan nanti. Sehingga OPD terkait perlu mengambil langkah,” ungkap Komisioner Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Kaimana, Chandra Kirana, ketika dikonfirmasi melalui saluran teleponnya, Minggu (2/8).
Dikatakan Chandra, temuan PPDP tersebut pihaknya telah menyampaikan saat rapat bersama stakeholder terkait, saat Rakor yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kaimana belum lama ini.
Selain tidak validnya data Pemilih, menurut Chandra ada juga persoalan lain yakni, ada masyarakat yang belum memiliki E-KTP meskipun telah melakukan perekaman.
“Kami sudah sampaikan saat rapat bersama, ada temuan berupa nama KK tidak sesuai dengan nama di E-KTP, KK yang ditulis menggunakan tulisan tangan. Paling banyak ditemukan yakni, alamat KTP yang tidak sesuai dengan dengan alamat faktual dan ini terdapat pada distrik Kaimana kota,” bebernya.
Selain telah menyampaikan saat Rakor bersama, KPU Kaimana juga telah menyurati kepala Disdukcapil Kaimana tentang temuan-temuan tersebut. Tujuannya agar Dukcapil Kaimana, mengetahui hal tersebut sehingga bersam-sama mencari solusi.
“Kami sudah menyurati Disdukcapil, tetapi saat ini belum ada respon balik kepada kami,” ujarnya.(fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed