oleh

Politeknik KP Sorong Kolaborasi Bersama SWA

-Metro-115 views

SORONG-Bermaksud melahirkan wirausahawan yang handal, Politeknik Kelautan Perikanan (KP) Sorong menjalin kolaborasi bersama Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah (SWA) di bidang pengolahan hasil laut. Langkah awal dari kolaborasi ini diwujudkan dalam kunjungan rombongan SWA yang melakukan praktik pembelajaran SWA ke Kampus Politeknik KP Sorong.

Dalam kunjungan tersebut, SWA sengaja menyambangi kampus Politeknik KP Sorong untuk belajar berwirausaha dengan mengunjungi beberapa pengusaha muda yang sukses. Kebetulan, Kampus Politeknik KP Sorong sendiri memiliki salah satu unit kewirausahaan yang bisa menjadi rumah belajar bagi ibu-ibu SWA.

“Dulu namanya Entrepreneur Bussiness Centre (EBC), yang dibentuk tahun 2019, dan saat ini sedang kita manfaatkan kembali menjadi unit kewirausahaan. Rencananya unit kewirausahaan ini akan membuka lahan-lahan untuk pelatihan bagi taruna-taruni dan masyarakat sekitar guna memperdalam ilmu kewirausahaannya,” terang Direktur Politeknik Pelayaran KP Sorong, Endang Gunaisah.

Pada kesempatan tersebut, ibu-ibu SWA diajak untuk belajar menyulap kepiting menjadi olahan makanan yang lebih bernilai jual tinggi. Seperti dijadikan sosis, nugget, otak-otak dan beberapa jenis makanan cepat saji lain yang rasanya tak kalah dengan produk skala besar. Pengolahan kepiting menjadi makanan ccepat saji juga diupayakan tanpa mencampurkan bahan pengawet maupun penyedap, dengan maksud agar kualitas rasa dan vitamin yang terkandung dalam daging kepiting tidak hilang.

Endang menekankan, bahwa selama kegiatan berlangsung penerapan prokes berupa 3M juga tak ditanggalkan, sebab aturan tersebut sangat penting untuk selalu diperhatikan. “Kami masih tetap menggunakan prokes, karena hal yang sangat penting. Setelah tamu turun dari mobil langsung mencuci tangan dan dicek suhu tubuhnya, tak lupa mereka tetap menggunakan masker dan menjaga jarak,” ujarnya.

Sesuai tujuan awalnya untuk menjalin kolaborasi bersama SWA, Politeknik KP Sorong tahun ini sedang berencana membangun toko ‘Honai Adem’ yang bakal menyediakan display produk kewirausahaan. Honai Adem nantinya akan menjadi tempat bagi para reseller beberapa produk.

“Sementara ini yang sudah deal adalah produk olahan makanan yang diproduksi di Bitung. Jadi nantinya kami di sini akan menjadi reseller atau pemasar. Produknya berupa olahan makanan dari hasil laut seperti olahan ikan tuna. Jadi produksinya di Bitung, dan penjualannya di Kampus kami, di situ nanti akan di-tag merek bahwa produk tersebut diproduksi oleh oni-oni yang dipasarkan oleh Politeknik KP Sorong,” bebernya.

Dengan adanya rencana tersebut, nnatinya SWA diharapkan juga akan menjadi reseller yang bakal mensupport pemasaran produk olahan hasil laut tersebut. Sehingga kolaborasi yang sejak awal dibangun akan menghasilkan simbiosis mutualisme antara Politeknik KP Sorong dengan ibu-ibu SWA. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed