oleh

Polda PB Gagas Klinik Konsultasi Hukum

-Manokwari-449 views

MANOKWARI– Bidang Hukum (Bidkum) Polda Papua Barat (PB) menggagas pembentukan Klinik Hukum di daerah  ini. Kabid Hukum Polda Papua Barat AKBP Sahat Siregar, SH  mengatakan, Klini Konsultasi Hukum ini merupakan hal baru  dalam organisasi Polri,  dan tidak ada dalam struktur organisasi Bidang Hukum.

“Klinik konsultasi hukum ini adalah inovasi yang dikembangkan oleh Bidang Hukum Polda Papua Barat untuk menjawab kebutuhan masyarakat Papua Barat akan solusi yang harus mereka hadapi saat bertemu dengan permasalahan hukum,” jelasnya.

Pembentukan Klinik Konsultasi Hukum disampaikan pada acara sosialisasi Peraturan Kapolri No 14 tahun 2011 tentang Kode Etik Polri, Senin (14/10/2019). “Klinik konsultasi hukum ini kita tidak hanya menampung permasalahan hukum anggota Polri saja,  masyarakat umum pun bisa berkonsultasi disini,” katanya.

 Kabid Hukum juga kepada seluruh masyarakat bahwa di klinik konsultasi hukum ini hanya membuka ruang konsultasi. Klinik Konsultasi Hukum tidak bisa mendampingi mereka sampai ke meja persidangan. “Namun mungkin kita bisa memfasilitasi mereka dengan LBH yang ada di Papua Barat ini,  jadi klinik konsultasi hukum ini kita tetap akan bekerjasama dengan stakeholder eksternal,  seperti Biro Hukum Pemda Provinsi Papua Barat,  Kejaksaan Negeri,  Pengadilan Negeri,  praktisi hukum bahkan para akademisi,” ujarnya.

Sahat Siregar berharap,masyarakat Papua Barat dapat memanfaatkan klinik konsultasi hukum ini,  sehingga tidak perlu lagi menyelesaikan masalah dengan kekerasan atau cara-cara yang bertentangan dengan undang-undang.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed