oleh

PLN Ajak Warga Pulau Arar Olah Bakso – Kerupuk dari Rumput Laut

-Metro-922 views

SORONG – Sebanyak 30 ibu-ibu dari Pulau Arar Kabupaten Sorong menerima pelatihan pengolahan bakso ikan dan kerupuk di Balai Kampung Arar pada Selasa (1/10) dan Rabu (2/10). Uniknya, rumput laut asli Pulau Arar jadi bahan utamanya. 

 Acara yang dihelat atas inisiatif PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Papua dalam program PLN Peduli ini merupakan bentuk kepedulian guna mengambil peluang pasar oleh-oleh khas Sorong yang belum banyak digarap.

 “Melihat banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat melalui Kota Sorong, kami berharap pelatihan ini nantinya bisa menciptakan kesempatan bagi masyarakat Pulau Arar untuk mengembangkan industri rumahan oleh-oleh khas Sorong dengan memanfaatkan rumput laut yang telah mereka budidayakan sendiri,” jelas Benny Susanto, Manager Unit Pelaksana Proyek Pembangkit dan Jaringan Papua Barat.
  Di samping pengolahan, PT PLN UIP Papua juga memberikan pelatihan pengemasan untuk produk olahan kering dan basah. Selain itu, pemberian branding “Dapur Imampi” diharapkan dapat meningkatkan nilai jual produk tersebut di mata konsumen. Sebagai wujud komitmen pengembangan masyarakat, PLN UIP Papua turut menyerahkan semua peralatan penunjang pengolahan produk tersebut untuk Kelompok Budidaya Rumput Laut IMAMPI di pulau itu.

Selama acara berlangsung peserta pelatihan tampak begitu antusias mengikuti demo masak kerupuk dan bakso ikan dari bahan rumput laut. “Kami sangat ingin agar nanti bisa mengolah ini menjadi produk yang bisa kami jual sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di sini, karena belum ada di Sorong yang jual bakso pakai rumput laut, apalagi buat oleh-oleh,” ujar Ibu Mambrasar.
  Sejalan dengan semangat PLN UIP Papua membangun masyarakat Pulau Arar, Komando Armada III turut hadir meramaikan acara tersebut dan memberikan pemaparan Bela Negara dalam konteks kehidupan bermasyarakat. “Kami ingin masyarakat Pulau Arar menyadari bahwa negara hadir dalam setiap sendi kehidupan masyarakat, walaupun tidak selalu terlihat secara fisik namun kami dan PLN terus bergerak dan bekerja agar masyarakat dapat menjalani hidup sebagaimana mestinya,” ujar Kadispotmar Koarmada III Kolonel Laut (P) Arief Rustaman.

Dengan diselenggarakan kegiatan ini, Kepala Kampung Arar Nurdin Rumaur berharap mampu memajukan perekonomian warganya. “Kegiatan ini merupakan suatu langkah kedepan bagi kami khususnya para ibu di sini. Begitu pula dengan adanya kehadiran TNI Angkatan Laut ini, kami berterimakasih banyak karena mereka juga mempunyai daerah operasional termasuk Pulau Arar ini,” pungkasnya.(***/akh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed