oleh

Petrogas (Basin) Ltd Gelar Bantuan Kesehatan di Kampung Arar

-Metro-31 views

AIMAS – Perusahaan Petrogas (Basin) Ltd menghadirkan 23 orang tenaga medis dari Distrik Mayamuk untuk bertandang dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kampung Arar, Kamis (8/4). Kampung Arar sendiri merupakan salah satu desa binaan Perusahaan Petrogas sejak hadirnya perusahaan tersebut pada 2018 silam.

Senior Supervisor Petrogas (Basin) Ltd Relation & Comunication, Hekson Fonataba mengatakan bahwa program bantuan tenaga medis kepada masyarakat di Kampung Arar dimaksudkan guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya sejak dini. Program ini juga merupakan program lanjutan yang sebelumnya sudah dilaksanakan di Distrik Mayamuk pada tanggal 25 Maret.

“Sesuai petunjuk dari Kepala Puskesmas, Kampung Arar merupakan salah satu kampung yang harus dikunjungi karena  masyarakat di sana sangat membutuhkan pelayanan kesehatan. Itulah yang membuat kami akhirnya terpanggil untuk hadir disini, apalagi Kampung Arar juga merupakan desa binaan kami,” terangnya.

Setelah Kampung Arar, kata Hekson, program serupa juga akan dilanjutkan di Kampung Jeflio, Distrik Aimas. Dengan hadirnya program bantuan kesehatan ini, Hekson berharap, masyarakat Kampung Arar bisa ikut berpartisipasi untuk mendapatkan layanan kesehatan melalui proses skrining sehingga bisa mengetahui kondisi kesehatan lebih dini.

Dirinya juga menerangkan bahwa selain pada bidang kesehatan, pihaknya juga turut berpartisipasi dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat Kampung Arar dengan menjadi wadah bagi para nelayan untuk bisa menjual hasil tangkapannya. Selain itu, Petrogas (Basin) Ltd juga sudah secara kontinyu memberikan pelatihan bagi ibu-ibu di kampung tersebut untuk diberdayakan dalam membuat olahan pangan dari hasil potensi yang ada di wilayahnya. Misalnya dengan membuat bakso ikan, keripik rumput laut, maupun olahan pangan lainnya.

Kepala Puskesmas Distrik Mayamuk, Wayan, menambahkan bahwa kehadiran nakes dari Puskesmas adalah sebagai pusat kesehatan masyarakat bukan pusat kesakitan masyarakat. Dikatakannya, pemeriksaan kesehatan melalui proses skrining lebih ditekankan sebab hal tersebut erat kaitannya dengan wabah covid-19.

“Skrining sangat penting untuk mengetahui potensi Penyakit Tidak Menular (PTM) karena ini sangat berpengaruh bagi masyarakat yang terpapar Covid-19. Masyarakat yang menderita PTM lebih rentan dan tinggi resiko untuk tidak bisa diselamatkan ketika terpapar covid-19. Sebenarnya covid-19 bukanlah penyakit yang berbahaya yang menjadikan penyakit tersebut berbahaya adalah ketika si penderita juga disertai dengan penyakit bawaan,” jelasnya.

Sementara itu, mewakili kepala Kampung Arar, Ustadz Sakka mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih dengan kehadiran Petrogas (Basin) Ltd bersama para tenaga medis ke Kampung Arar untuk melaksanakan program tersebut. Ustadz Sakka mengatakan momen tersebut merupakan kesempatan langka sehingga harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat Kampung Arar.

“Kami tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan kami jika tanpa pemeriksaan skrining ini. Ini adalah kesempatan bagi seluruh masyarakat Kampung Arar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan mengetahui kondisi kesehatannya sehingga jangan sampai dilewatkan. Jangan menganggap diri kita sehat sementara banyak hal yang tidak kita ketahui,” singkatnya.(ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed