oleh

Pertanyakan Anggaran Pembangunan Jalan Lobo-Werua

-Kaimana-79 views

KAIMANA – DPRD Kaimana akhirnya melaksanakan rapat paripurna dalam rangka pembasahan, dan penetapan serta persetujuan terhadap Ranperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaimana tahun 2021, Rabu (10/3) di ruang rapat DPRD Kaimana.

Rapat yang dipimpin oleh ketua DPRD Kaimana Irsan Lie, didampingi dua wakil ketua DPRD Kaimana Jaquilina Claudia dan Kasir Sanggei, serta dihadiri oleh 17 anggota DPRD Kaimana. Rapat tanpa dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kaimana, namun mengikuti jalannya rapat secara virtual.

Agenda rapat dimulai dengan penyampaian penghantar nota keuangan APBD Kaimana tahun 2021, oleh Bupati Kaimana yang disampaikan oleh Plt Sekda Kaimana Luther Rumpumbo.

Setelah penyampaian penghantar nota keuangan APBD Kaimana tahun 2021, oleh Bupati rapat diskor. Rapat dilanjutkan kembali pukul 14.00 WIT dengan agenda pandangan fraksi, menanggapi penghantar nota keuangana APBD Kaimana oleh Bupati Kaimana.

Fraksi Demokrat DPRD Kaimana, dalam pandangan fraksinya memberikan apresiasi atas pengusulan APBD Kaimana tahun 2021 sebesar Rp 1.017.687.525.463,- (Satu triliun tujuh belas miliar enam ratus delapan puluh tujuh juta lima ratus dua puluh lima ribu empat ratus enam puluh tiga rupiah).

Selain memberikan apresiasi namun fraksi Demokrat juga memberikan masukan serta menyoroti, pembangunan jalan Lobo-Werua. Pandangan fraksi Demokrat dibacakan oleh Apolos Wetebosy, juga mempertanyakan anggaran pembangunan jalan tersebut.

Menurut pandangan fraksi Demokrat sesuai amandemen 1 berdasarkan kesepakatan antara DPRD dan pemerintah daerah Kaimana, Nomor 910/265/Bup/2020. Serta Nomor 910/02/DPRD/2020 tanggal 14 Januari 2020 telah dialokasikan anggaran biaya peningkatan jalan Lobo-Werua sebesar Rp 210.700.000.000,- Miliar (dua ratus sepuluh miliar tujuh ratus juta rupiah
). Serta anggaran biaya pengawasan berkala jalan tersebut sebesar Rp 6. 321.000.000,- (enam miliar tiga ratus dua puluh satu juta rupiah) dengan pola multi years. Sehingga  fraksi Demokrat meminta penjelasan Bupati tentang rincian anggaran pembangunan jalan ini.

“Berapa panjang dan lebar jalan tersebut. Jenis konstruksi serta berapa satuan per kilo meter jalan tersebut? Sehingga memerlukan biaya yang sangat luar biasa? Apakah sudah memenuhi batasan waktu yang ditetapkan, pembangunan jalan tersebut bisa diselesaikan,’’ tegas Apolos Wetebosy ketika membacakan pandangan fraksi Demokrat.  Selain menyoroti anggaran pembangunan jalan Lobo-Werua, fraksi Demokrat juga mempertanyakan pembangunan sejumlah sarana oleh pemerintah daerah Kaimana.

Menanggapi pandangan fraksi Demokrat Kaimana, Bupati Kaimana memberikan jawaban yang disampaikan oleh Plt Sekda Kaimana Luther Rumpumbo. Menurut Bupati panjang jalan yang akan dikerjakan sesuai kontrak sepanjang 49 kilo meter dengan lebar 6 meter.

“Dengan kontruksi lapisan atas HRS dengan nilai kontrak Rp 201.590.000.000,-. Terkait dengan batas waktu peyelesaian pekerjaan, sesuai dengan kontrak harga satuan, pembayaran dilakukan sesuai dengan volume yang terpasang dengan jangka waktu yang ditentukan,” jelasnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed