oleh

Pertamina RU VII Kasim Sumbang 21 Kantong Darah

-Metro-394 views

SORONG-Pertamina RU VII Kasim menyumbang 21 kantong darah kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sorong, hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pertamina RU VII Kasim terhadap minimnya kantong darah di Sorong Raya.

General Manager Pertamina RU VII Kasim, Edi Januari Utama menjelaskan aksi donor darah yang dilaksanakan di gedung Serba Guna, Pertamina RU VII Kasim, dalam rangka menyongsong HUT Pertamina yang ke 62 tahun. Melibatkan seluruh unit operasi dan anak perusahaan di  lingkungan Pertamina RU VII Kasim.

“Donor darah ini juga merupakan wujud dari kepedulian perusahaan Pertamina kepada sesama di seluruh wilayah operasi Pertamina RU VII Kasim, kami melibatkan para pekerja, mitra kerja dan kontraktor yang ada di wilayah operasi kilang RU VII Kasim,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (3/11).

Aksi donor darah ini, sambung Edi Pertamina RU VII Kasim, bekerja sama dengan tim medis dari Rumah Sakit Pertamina Sorong dan PMI Sorong untuk melakukan proses pengambilan darah. Dikatakan Edi dengan adanya aksi donor darah ini merupakan kegiatan yang baik dan nyata dalam berbagi apa yang menjadi milik seseorang kepada orang lain yakni darah.

Selain aksi donor darah, Pertamina RU VII Kasim juga mengadakan rangkaian kegiatan lainnya yakni khusus kegiatan internal Pertamina RU VII Kasim yang bernuansa olahraga guna menumbuhkan semangat kerja di internal Pertamina RU VII Kasim.

“Ada juga kegiatan yang melibatkan masyarakat luar yang saat ini sedang berlangsung seperti lomba bola voli di Distrik Seget yang merupakan kerja sama antara Pertamina RU VII Kasim dengan Koramil 04, Kodim 1802 Sorong,”ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Pertamina RU VII Sorong, Ferri S. Pambudi mengatakan, aksi donor ini merupakan bukti bakti sosial Pertamina RU VII Kasim kepada masyarakat dengan menargetkan 60 sampai 70 kantong darah. Aksi ini, sambung Ferri, dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Sementera itu dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sorong, Roger Steven mengatakan, dari 40an peserta yang ingin mendonorkan darah, hanya 21 kantong darah yang didapatkan dan akan diperiksa. Sedangkan sekitar 18 orang tidak bisa melakukan aksi donor darah karena indikasi tekanan darah tinggi, darah rendah dan ada yang mengonsumsi obat. 

“Golongan darah yang paling banyak didapat adalah golongan darah O. Setelah mendapatkan darahnya, kami akan melakukan pemeriksaan dengan 4 parameter penyakit yang akan diperiksa yakni hepatitis B, hepatitis C, Sipilis dan HIV,”tuturnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed