oleh

Pertamina RU VII Kasim – Kejaksaan Jalin Kerjasama

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta sejalan dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Demikian juga dengan PT Pertamina (Persero) yang dalam pelaksanaan operasional perusahaannya mengedepankan GCG sebagai basis dalam menjalankan roda bisnis Perusahaan.
Sehingga Refinery Unit VII Kasim Sorong (RU VII Kasim) sebagai salah satu unit operasi milik PT Pertamina (Persero) sangat serius dalam menerapkan GCG sebagai akhlak perusahaan dan mewajibkan semua yang terlibat dalam kegiatan operasional Perusahaan untuk patuh terhadap pelaksanaan nilai-nilai GCG dimaksud.
Pertamina RU VII Kasim telah lama menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Negeri Sorong dalam bentuk kesepakatan bersama tentang pemberian bantuan hukum dan penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara. Kerja sama ini selalu diperbaharui setiap 2 tahun sekali. Sehingga, tahun 2020 penandatanganan Kesepakatan Bersama (Memorandum Of Understanding/MoU) dilaksanakan kembali pada tanggal 25 September 2020.
Dalam sambutannya, General Manager RU VII Kasim, Yulianto Triwibowo, menyampaikan bahwa pelaksanaan kerja sama ini melanjutkan penandatangan kesepakatan bersama yang telah ditandatangani beberapa tahun sebelumnya. Pertamina melalui Surat Kuasa Khusus dapat meminta bantuan kepada Kejaksaan Negeri Sorong untuk memberikan bantuan hukum khususnya pendampingan, pemberian pendapat hukum, legal audit dan juga tindakan hukum lainnya dalam bidang perdata dan tata usaha negara.

Penandatanganan kesepakatan bersama oleh General Manager RU VII Kasim, Yulianto Triwibowo bersama Kepala Kejaksaan Negeri Sorong, Muttaqin Harahap, SH MA.


“Ada juga kerja sama dalam bentuk pengayaan kompetensi teknis. Kita orang Pertamina itu penguasaan bidang teknisnya sudah bisa dibilang rata-rata mumpuni,”jelasnya.
Tetapi untuk bidang hukum seakan-akan membuat pusing apalagi sudah berhubungan dengan pasal-pasal yang membingungkan, sehingga orang Pertamina membutuhkan seperti workshop, pelatihan, sosialisasi baik dari pihak Kejaksaan atau Pertamina sebagai narasumber.
Pada kesempatan yang sama Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sorong, Muttaqin Harahap SH. MA., menyapaikan penghargaan yang setingi-tinginya kepada Pertamina yang telah memberikan ­kepercayaan kepada Kejaksaan Negeri SoronG. Ia berharap, dengan adanya MoU ini sinergitas antara ­Pertamina Kasim dan Kajari bisa berjalan lebih bagus lagi kedepannya.
“Cukup banyak potensi yang bisa diberikan oleh Kejaksaan ke instansi Pemerintah apakah itu BUMN ataukah BUMD,”tandasnya.
Kedepannya, tambah Kajari, MoU ini bisa dimanfaatkan oleh Pertamina misalnya untuk pengamanan asset, ia juga berharap dengan adanya MoU ini tidak ada masalah lagi. Namun jika ada masalah setidaknya pihaknya sudah bisa mendeteksinya sedari awal sehingga mudah diatasinya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed