oleh

Pertamina RU VII Kasim dan WVI Tanam 5000 Bakau

-Metro-79 views

SORONG – PT Pertamina RU VII Kasim bersama Wahana Visi Indonesia (WVI) dan komunitas pecinta bakau, melakukan penanaman 5000 pohon bakau di Distrik Seget, Kabupaten Sorong. Penanaman bakau ini sebagai salah satu upaya mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi serta menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlangsungan hidup masyarakat yang berkelanjutan.
Sebagai tahap awal, ­sebanyak 500 bibit bakau ditanam pada Sabtu (14/11) dan akan terus berlanjut hingga ada 5.000 bibit bakau yang ditanam. Penanaman bakau di Distrik Seget mendesak karena terjadinya erosi dan abrasi, kerusakan ekosistem pantai, serta terus berkurangnya pohon bakau karena tingginya kebutuhan kayu bakar warga ­sekitar.
Pertamina RU VII dan WVI menggandeng komunitas remaja di tingkat distrik atau kampung ­sehingga ke depannya mereka ­dapat melakukan terus menjaga dan melestarikan, menanam dan ­menyemai bibit bakau, hingga mengembangkan usaha berbasis tanaman bakau untuk ­kesejahteraan ­masyarakat.
“Ini merupakan komitmen kami dalam ikut melestarikan ­lingkungan, terutama yang berada di wilayah yang paling dekat dengan kami,” jelas Manager Communications & CSR Pertamina RU VII Dodi Yapsenang, pasca penanaman bakau, Jumat (20/11).

Siapa melakukan penanaman Bakau, para remaja dan masyarakat di Seget, Kabupaten Sorong.


Pihaknya, sambung Dodi, sangat mengapresiasi pembentukan komunitas anak-anak remaja ­tersebut dan berharap apa yang ­mereka lakukan untuk lingkungan akan terus berkelanjutan, karena merekalah yang akan menikmati apa yang anak dan remaja ini lakukan pada hari ini. Pihaknya juga akan memberikan pelatihan terkait lingkungan bakau kepada anak dan remaja di ring 1 Kilang Kasim.
“Sebenarnya ini bukan kali pertama kami menanam bakau sebelumnya juga kami telah menanan bibit bakau di pesisir pantai lingkungan kilang RU VII ­sebanyak 25.000 bibit Bakau kemudian Pohon Pinang sebanyak 1.000 Pohon juga 2000 bibit ikan mas di lingkungan kilang RU VII,”ungkapnya
Program Manager WVI, Andrie C. Lumy mengatakan, ­sebagai apresiasi kepada para remaja tersebut, Pertamina RU VII dan WVI akan mengadakan pelatihan terkait rehabilitasi bakau, juga beberapa perlengkapan olahraga dan ­kesenian untuk kegiatan minat dan ­bakat.
“Kami berharap hal ini dapat menyemangati komunitas untuk terus merawat dan mencintai lingkungan dan mengembangkan bakat minat mereka guna masa depan yang lebih baik,” ujarnya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed