oleh

Persipura Menang Meyakinkan

JAYAPURA-Persipura Jayapura menang meyakinkan dengan mengalahkan tuan rumah PSIS Semarang 3-1, Selasa (6/8). Kemenangan ini  membawa Persipura naik ke posisi 12 klasemen sementara Liga I Indonesia dengan koleksi 13 poin dari 11 pertandingan. Bertanding di kandang PSIS, Jatidiri Stadion Semarang, tim Mutiara Hitam Persipura dipaksa bekerja keras, bahkan lima pemainnya mendapatkan kartu kuning termasuk Rivaldo Todd Ferre yang juga menyumbangkan gol dalam pertandingan ini.

Mengincar tiga poin, Persipura langsung melakukan tekanan terhadap tuan rumah di awal pertandingan. Pressure Persipura berhasil membuahkan hasil saat laga baru berjalan 3 menit, Titus Bonai mencetak gol memanfaatkan kemelut di depan gawang PSIS Semarang yang dikawal Jandika Eka Putra. Namun keunggulan Mutiara Hitam tidak berlangsung lama. PSIS yang tidak ingin malu di depan pendukungnya sendiri, menyamakan kedudukan di menit 18 melalui Hari Nur memanfaatkan servis bola mati di area pertahanan Persipura. Kedudukan imbang, kedua tim silih berganti melakukan serangan namun hingga babak pertama usai tak ada gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Persipura kembali menguasai jalannya pertandingan. Serangan demi serangan terus dilancarkan ke pertahanan PSIS Semarang. Muhamad Tahir akhirnya membawa Persipura unggul di menit 58 memanfaatkan corsing In Kyun. Unggul 2-1, Persipura semakin percaya diri dan terus melakukan tekanan terhadap tim rumah. Rivaldo Todd Ferre akhirnya menambah keungguan Persipura  di menit 68. Proses terjadinya gol terbilang cantik, ia mengoceh tiga pemain belakang PSIS Semarang yang kemudian diakhirnya sepakan keras kaki kirinya yang  tak mampu dibentung penjaga gawang PSIS. 

Kendati unggul, Persipura tidak mengendorkan serangan. Di menit-menit akhir pertandingan, pemain belakang PSIS Semarang Rio Saputro berbenturan dengan Mamadou Samasa saat mencoba menghalangi  Samasa memberikan umpan kepada Gunansar Mandowen. Rio sempat tak sadarkan diri, akhirnya berhasil diselamatkan oleh tim medis.

Pelatih Persipura Jakcksen F. Tiago dalam press conference usai laga mengatakan, kemenangan timnya buah kerja keras dan usaha pemainnya. Jacksen menilai tak mudah mengalahkan tim sekelas PSIS Semarang di kandangnya. “Bersyukur pada Tuhan kita bisa keluar dari lapangan dengan hasil yang maksimal. Rencana dan usaha kita lakukan dengan baik sehingga bisa mencapai hasil yang luar biasa menghadapi tim yang sangat berbahaya, semua itu tidak  terlepas dari kerja keras pemain,” katanya.

Jacksen mengakui pemainnya tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi apapun di lapangan. Saat gol penyeimbang oleh PSIS Semarang, pemain Persipura melakukan perubahan sehingga mampu menjaga tempo permainan dan akhirnya keluar sebagai pemenang. “Selalu ada perubahan dalam tim. Bukan berarti tim kita baik tidak ada celah, sehingga harus ada perubahan. Setelah gol penyama, pemain tahu apa yang harus dilakukan. Situasi seperti tadi cukup keras tapi pemain mampu menjaga stabilitas  permainan,  masuk babak kedua mereka tampil baik dan mampu memberikan kemenangan,” pungkasnya.

Rivaldo Todd Ferre yang mencetak satu gol cantik di pertandingan ini menilai kemenangan timnya atas PSIS Semarang adalah buah dari hasil kerja keras dan menjalankan apa yang disampaikan pelatih. “Sangat bersyukur atas hasil yang kami dapatkan malam ini. Puji Tuhan, semua berkat usaha dan kerja keras kami. Apa yang pelatih sampaikan dalam latihan, malam ini (semalam,red) kami bisa terapkan dan meraih kemenangan,” ucapnya. (al)  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed