oleh

Persipura Berjaya di Markas Persebaya

SURABAYA –  Persipura Jayapura meraih poin absolute dalam lawatannya di Surabaya menghadapi tuan rumah Persebaya Surabaya di pekan ketiga Liga 1 2020. Pertandingan dua tim yang punya nama besar di kancah persepakbolaan Indonesia yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (13/3) malam, berlangsung seru, hujan gol tersaji di pertandingan penuh gengsi ini. 

Tim Mutiara Hitam ~Julukan Persipura~ akhirnya pulang dengan kepala tegak membawa pulang 3 poin berkat kemenangan tipis 4-3. Gol Persipura dilesakkan Thiago Amaral pada menit 20 dan 34, Muhammad Tahir (51’) dan Yohanes Pahabol (88’). Sementara gol Persebaya dicetak David da Silva pada menit 43, Mahmoud Eid (74’) dan Rendy Irwan (90+1). Berkat kemenangan ini, Persipura naik ke posisi tiga klasemen sementara Liga 1 2020 dengan koleksi enam angka, sedangkan Persebaya tertahan di posisi 14 dengan perolehan satu poin.

Tuan rumah Persebaya memburu kemenangan perdana saat menjamu Persipura Jayapura di pekan ketiga Liga 1 2020, Jumat (13/3) malam. Sebab, pada laga pertama mereka yang berlangsung dua pekan lalu, Bajul Ijo –julukan Persebaya– hanya bermain 1-1 kontra Persik Kediri. Karena itu, di laga kontra Persipura ini, pelatih Persebaya Aji Santoso menurunkan seluruh pemain asing mereka, termasuk Makan Konate. Hasilnya mulai terlihat pada menit keenam, setelah Persebaya mendapatkan hadiah penalti usai David da Silva dijatuhkan Israel Wamiau.

Hanya saja, David da Silva yang dipercaya menjadi algojo penalti gagal membuat Persebaya unggul, setelah tembakannya dapat dihalau kiper Persipura, Dede Sulaiman. Petaka menimpa Persipura pada menit 14 setelah sang kapten Boaz Solossa tidak dapat melanjutkan pertandingan dan digantikan Yoku. 

Keluarnya Boaz mengubah peruntungan Persipura. Tim Mutiara Hitam mampu mencetak dua gol via brace (dua gol) Thiago Amaral pada menit 20 dan 34. Gol pertama yang dicetak Thiago terhitung istimewa, karena dilesakkan via sepakan bebas. Persipura unggul 2-0 atas Persebaya.

Tersentak dengan dua gol Persipura, Persebaya mencoba bangkit. Pada menit 43, Persebaya berhasil memperkecil kedudukan via Da Silva, memanfaatkan umpan dari Mahmoud Eid. Skor 2-1 untuk keunggulan Persipura bertahan hingga turun minum.

Babak kedua baru berjalan enam menit, Persipura mencetak gol ketiga via tembakan Muhammad Tahir. Setelah melewati satu pemain Persebaya, tembakan Tahir gagal diantisipasi kiper Rivky Mokodompit. Skor berubah 3-1 untuk keunggulan Persipura. 

Berupaya mengejar ketertinggalan, pelatih Aji Santoso memasukkan Patrich Wanggai untuk menggantikan David sa Silva. Selang empat menit berada di lapangan, Wanggai membuat ancaman. Hanya saja, tembakan kaki kiri Wanggai dapat ditahan kiper Persipura. 

Setelah membuat sejumlah peluang, Persebaya akhirnya mempertipis kedudukan lewat Mahmoud Eid pada menit 74. Memanfaatkan umpan Makan Konate, tembakan Eid gagal ditahan Dede Sulaiman. Skor 2-3 masih untuk keunggulan Persipura. Ketegangan memuncak di menit-menit akhir pertandingan. Persipura memperlebar jarak lewat gol Yohanes Pahabol di menit 88. Pahabol berhasil menerobos masuk ke kotak penalti Persebaya dan melepaskan tembakan yang bersarang mulus di jaga gawang lawan. 

Persebaya belum mau menyerah. Mereka mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 3-4 lewat gol Rendy Irawan memanfaatkan umpan Hamsamu Yama Pranata di masa injuri time menit 90+1 . Tak ada gol tambahan lagi di sisa waktu injury time. Persipura pulang dengan kemenangan 4-3.

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago dalam sesi konfrensi pres usai laga mengakui timnya pantas mendapatkan kemenangan tersebut, setelah melalui hasil kerja keras selama proses latihan pasca kalah di kandang Borneo FC dalam pertandingan sebelumnya. “Kita bersyukur pada Tuhan atas hasil yang kita dapat, sebuah hasil yang sangat tepat. Saya rasa tim kita pantas mendapatkan hasil itu, karena pasca kekalahan kita dengan Borneo kita melakukan evaluasi, dan akhirnya hasil kita berbuah manis. Aaya apresiasi pemain, mereka mampu lakukan tugas mereka dengan baik di pertandingan hari ini,” ucapnya.

Bek sayap Persipura, Israel Wamiau mengaku bersyukur atas tambahan tiga poin berkat kemenangan atas Persebaya Surabaya. “Saya sangat bersyukur dapat tiga poin Surabaya, kemarin kita kalah di Borneo, kita lakukan perubahan,” katanya. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed