oleh

Perketat Screening COVID-19 Antisipasi Varian Baru

SORONG– Mengantisipasi penyebaran COVID-19 varian baru di wilayah Sorong, RSUD Sele be Solu memperketat screening COVID-19 bagi pasien baru yang akan di rawat di RSUD Sele be Solu. Demikian Kabid Yanmed RS Sele be Solu Sjainuddin,SKM, kepada Radar Sorong, Kamis (17/6).

Menurut Sjainuddin, RSUD Sele Be Solu berpedoman pada aturan yang berlaku, dimana seluruh pasien yang akan dirawat wajib discreening dan mengikuti tes rapid antigen. Selain pasien rawat inap, pasien rawat jalan juga dilakukan screening saat mengunjungi RSUD Sele be Solu. “Kami bahkan menyediakan petugas di depan rumah sakit untuk melakukan screening terhadap pasien rawat jalan maupun yang akan menginap,” jelasnya.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Tidak hanya screening, RSUD Sele be Solu bisa melakukan tes PCR namun tentunya tergantung pada jenis penyakit yang diderita pasien. “Pertama-tama dokter spesialis akan melakukan pemeriksaan dan menentukan pasien tersebut akan diperiksa dengan PCR atau hanya rapid antigen. Kami juga meminta persetujuan dari pasien apakah mau dites PCR atau tidak,” tuturnya.

Diakui Sjainuddin, hingga saat ini belum ada pasien yang memiliki gejala COVID-19 varian terbaru dan diharapkan COVID-19 jenis baru tersebut tidak masuk ke wilayah Papua, khususnya Sorong Kota. Oleh sebab itu, diharapkan masyarakat Sorong dapat menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. 

Kendati demikian, RSUD Sele be Solu masih merawat pasien positif COVID-19. “Kami masih merawat dan menangani pasien terkonfirmasi COVID-19 di dua ruangan yakni Ruangan Matahari dengan 8 tempat tidur dan ruang Bougenville dengan 12 tempat tidur, dan hingga saat ini belum ada penambahan ruangan,” ungkapnya.

Sjainuddin menegaskan bahwa RSUD tidak pernah melakukan pembatasan terhadap masyarakat yang hendak berobat. Tetapi, RSUD Sele Be Solu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang memang harus dipatuhi. “Kami pada umumnya masih melakukan pelayanan normal,” pungkasnya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed