oleh

Perkembangan Tol Laut Capai 20 Persen

-Metro-849 views

SORONG-Untuk meningkatkan perekonomian di seluruh wilayah di Indonesia baik dari Sabang hingga Merauke, maka Pemerintah sedang membangun berbagai infrastruktur baik darat maupun laut. Khususnya daerah Timur Indonesia, Kota Sorong, Papua Barat juga sedang gencar membangun Tol Laut dan perkembangannya sudah mencapai 20 persen, Rabu (16/10).

Pembangunan Tol Laut ini sebagai salah satu infrastrukut yang dapat meningkatkan konektifitas antar daerah, mengingat, Indonesia ini merupakan daerah maritim. Sehingga perlunya Tol Laut agar dapat pemerataan terhadap ekonomi dapat dirasakan. Diantara 5 pelabuhan di Indonesia, Pelabuhan Sorong menjadi salah satu Tol Laut di Indonesia.

General Manager PT. Pelindo IV (Persero) Sorong, Raplin Halid, mengatakan, perkembangan Tol Laut Sorong  saat ini perkembangan trafiknya sudah sekitar 20 persen dan ini merupakan ukuran paling tinggi di wilayah Papua. Karena semua barang dibongkar di Sorong baru di kirim ke Jayapura, Nabire, Timika dan beberapa daerah lainya yang ada di Papua.

“Jadi namanya Tol Laut itu, semua barang masuk ke Sorong dulu baru bisa di distribusikan ke daerah lain. Sejauh ini  pertumbuhannya sudah sekitar 20 persen,” jelasnya kepada wartawan.

Dirinya mengakui bahwa kondisi Pelabuhan Sorong saat ini hanya sekitar 2  hektar dan diperkirakan dalam waktu 2 tahun ke depan tidak mampu menampung lagi . Sehingga ke depannya, pihaknya akan mengembangkan pelabuhan lagi dengan penambahan sepanjang 5 hektar. Hal ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan Kota Sorong ini sebagai penjangga ekonomi bagi wilayah di sekitarnya.

“Diharapkan bertambahnya lahan sehingga bisa menampung barang yang ada, apa lagi Pelabuhan Sorong ini merupakan pelabuhan kelas 1, namun pengembangannya terkendala karena  masih konvensional,” tuturnya.

Selain pelabuhan yang akan dikembangkan, lahan tempat penampungan barang juga akan dikembangkan dengan penambahan lahan. Salah satunya yang berada  di samping Kantor PT Pelindo IV (Persero) Sorong.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed